Membangun Kompetensi di Bidang Manajemen

Mahasiswa Prodi Manajemen UTY menyimak materi Manajemen Sumber Daya Manusia langsung dari praktisi

Mahasiswa Prodi Manajemen UTY menyimak materi Manajemen Sumber Daya Manusia langsung dari praktisi

Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJ-M) Universitas Teknologi Yogyakarta mengadakan kuliah umum untuk membangun kompetensi di bidang manajemen. Kuliah umum bertajuk “Implementasi Bidang Manajemen Dalam Orientasi Karir Mahasiswa” tersebut diselenggarakan pada hari Sabtu 06 Mei 2017. Acara ini merupakan program kerja dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJ-M) UniversitasTeknologi Yogyakarta yang diikuti oleh ± 224 peserta dari mahasiswa semester 6. Acara tersebut menghadirkan pembicara-pembicara yang ahli yang merupakan praktisi dalam bidang manajemen.

Dr. Junaidi, MSi, Akt., CA Wakil Dekal Fakltas Bisnis dan Teknologi Informasi membuka kuliah umum Prodi Manajemen

Dr. Junaidi, MSi, Akt., CA Wakil Dekan Fakultas Bisnis dan Teknologi Informasi membuka kuliah umum Prodi Manajemen

Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan Fakultas Bisnis dan Teknologi Informasi Dr. Junaidi, M.Si.,CA.,Akt. Dalam sambutannya, Junaidi menyambut baik atas penyelenggaraan acara tersebut. Selanjutnya ia berharap mahasiswa manajemen dapat memiliki kompetensi yang bagus untuk bersaing nanti pada dunia kerja baik sebagai manajer maupun pelaku bisnis.

Kuliah umum tersebut terbagi dalam 3 sesi dengan menghadirkan beberapa narasumber yang kompeten di bidangnya masing-masing. Sesi pertama mengupas tentang Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) yang disampaikan oleh Ir. Jun Patiung MM, Manager Resources Sindu Kusuma Edupark. Dalam paparannya, Jun Patiung mengungkap tentang penyusunan perencanaan yang baik dan benar melalui beberapa pendekatan dengan maksud agar tujuan dari suatu organisasi atau perusahaan dapat tercapai.

Selanjutnya, pada sesi dua membahas materi tentang Manajemen Pemasaran (MP) yang disampaikan oleh Achmad Syukri Prihanto, Deputy General Manager Transmart  Yogyakarta.  Pada kesempatan itu, Achmad Syukri memaparkan tentang strategi ritel dalam menjawab tantangan. Materi tersebut menjelaskan tentang revolusi industri serta marketing strategi yang ada di Transmart. Selanjutnya pada sesi terakhir dikupas tentang Manajemen Keuangan (MK) yang disampaikan oleh Rizal Kasim, S. Kom. Materi yang disampaikan oleh pemateri ke tiga tersebut mengenai financial statement yang sangat penting dalam menyusun strategi keuangan.

Mahasiswa Prodi  Manajemen UTY Menyimak materi pemasaran dari Praktisi

Mahasiswa Prodi Manajemen UTY Menyimak materi pemasaran dari praktisi

Antusiasme peserta sangat bagus terbukti dengan banyaknya umpan balik dan diskusi yang sangat bagus selama berlangsung. Para peserta berharap agar kegiatan seperti ini, dengan menghadirkan para praktisi dapat secara rutin diselenggarakan. Sehingga dapat memberikan inspirasi dan wawasan yang luas tentang peluang dan tantangan di berbagai aspek manajerial. Di samping itu mahasiswa dapat meningkatkan kompetensinya di bidang sumber daya manusia, keuangan dan marketing.