HIMATIKA Got Talent, Coding On the Spot, & Techno Expo

mahasiswa berbakat di bidang musik tampil di Himatika Got Talent

Mahasiswa dengan bakat di bidang musik tampil di Himatika Got Talent

Kegiatan lain Ulang Tahun Ke-10 HIMATIKA UTY, yaitu HIMATIKA Got Talent (HGT) yang dilaksanakan setelah Talkshow IoT bertempat di Plaza Kampus 1 UTY.  Yuli Asriningtyas, SKom, Mkom Kaprodi Teknik Informatika UTY menyampaikan bahwa HGT merupakan ajang pentas diri untuk menunjukkan bakat mahasiswa UTY. Diharapkan, dengan adanya HGT ini mahasiswa dapat mengasah bakat dan potensi yang dimilikinya. Menurutnya kemampuan akademik yang baik, jika ditunjang dengan faktor-faktor lain yang dapat menjadi diferensiasi tersendiri yang akan bermanfaat dalam meniti karier setelah lulus. Ia berharap aktivitas yang mengangkat potensi dan kreatifitas mahasiswa ini akan semakin meningkatkan semangat belajar mahasiswa. 

Kegiatan HGT mendapat sambutan yang sangat sangat meriah dari mahasiswa. Para peserta menampilkan kemampuan masing-masing diantaranya murotal, vocal, dance, akustik, dan standup komedi. Setelah peserta tampil, mereka akan dikomentari dan dinilai oleh para juri dari Unit Kegiatan Mahasiswa Campoer Seni, Paduan Suara Mahasiswa ‘Nada’  dan pengurus HIMATIKA.

Mahasiswa antusias mengikuti Coding On The Spot

Mahasiswa antusias mengikuti Coding On The Spot

Bersamaan dengan berlangsungnya acara HGT, diselenggarakan acara Coding On the Spot. Coding On the Spot merupakan perlombaan yang menunjukkan bakat mahasiswa dalam membuat program (ngoding) berdasarkan kasus-kasus yang telah dibuat oleh panitia. Penyelenggaraan Coding On the Spot dimaksudkan untuk menjaring bakat-bakat mahasiswa dalam bidang bahasa pemograman. Dalam acara tersebut diberikan kasus-kasus, dan peserta diminta untuk menyelesaikan permasalahan yang ada, untuk selanjutnya dipecahkan dengan cara diaplikasikan ke pemrograman secara cepat dan tepat.

Acara yang lainnya adalah Techno Expo, menampilkan karya-karya mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta. Terdapat delapan stand diantaranya menampilkan penerapan Aplikasi Jaringan Saraf Tiruan, Aplikasi Medis, Aplikasi Psikolog, Game Matematika, dan terdapat juga karya-karya Robot dari ROBOTIKA UTY, dan sistem operasi open source yang ditampilkan disini. Antusiasme mahasiswa untuk melihat pameran ini begitu tinggi. Tidak ketinggalan Joegianto, setelah selesai mengisi talkshow IoT juga ikut keliling dan memberikan saran-saran kepada pemilik karya untuk dikembangkan lebih baik lagi serta lebih inovatif.

Tim Robotika UTY memaerkan produk-produk yang telah diikutkan dalam beberapa ajang kompetisi

Tim Robotika UTY memamerkan produk-produk yang telah diikutkan dalam beberapa ajang kompetisi robotika

R.E Fiddy Rizarta Ketua HIMATIKA mengatakan, “HIMATIKA memiliki cita-cita besar guna meningkatkan prestasi serta minat bakat mahasiswa teknik informatika dan jurusan lain. Pekerjaan rumah bagi saya, adalah menumbuhkan rasa keperdulian pengurus dan semangat untuk ikut mendukung kemajuan program studi serta lingkungan Universitas Teknologi Yogyakarta”.  Ia berharap melalui ulang tahun ke-10 ini, dapat memberikan inspirasi khususnya bagi mahasiswa UTY.