Lulus UTY, Kerja Sambil Kuliah di Singapura

Sarbini di Singapura

Sarbini di Singapura

Lulus kuliah, lalu mencari pekerjaan merupakan hal lazim bagi sarjana baru. Namun tidak demikian dengan Sarbini Lulusan Prodi Akuntansi Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), yang diwisuda Sabtu 15 Mei 2017 ini. Kini ia sudah bekerja Six Capital Pte Ltd, Singapore, sebuah perusahaan pasar modal terkemuka di Asia yang berpusat di Singapura dengan cabang-cabang di beberapa negara. Keterkaitan Sarbini yang ketika kuliah menjadi Ketua Kelompok Studi Pasar Modal UTY, dengan Six Capital dimulai saat ia mendapat beasiswa training edukasi valuta asing (Foreign Exchange) dan investasi dari Six Capital di Singapura bulan Desember 2016 lalu. Sarbini mengatakan bahwa peluang untuk ditempatkan di Singapura setelah training, terbuka luas. Dan ia merencanakan segera ambil kuliah S2 di Singapura sambil bekerja. Sejak kuliah ia memang bercita-cita bekerja di bidang keuangan internasional khusunya pasar modal dan foreign exchange, ungkap Sarbini.

Fiza sedang bekerja di proyek jalan tol Semarang - Surakarta

Fazi Kusuma Nugraha sedang bekerja di proyek jalan tol Semarang - Surakarta

Wisudawan lain yang juga sukses langsung kerja diantaranya Fazi Kusuma Nugraha lulusan Prodi Arsitektur. Lulus Sidang pendadaran Januari 2017, mulai Februari 2017 Fazi sudah bekerja di PT Waskita Karya, dengan menangani proyek pembangunan jalan tol Semarang – Surakarta. “Ilmu yang diperoleh selama di kuliah di UTY sangat membantu dirinya dalam menjalani seleksi masuk kerja, dan membantu dalam menyelesaikan tugas-tugasnya sebagai staf teknik di PT Waskita Karya, terutama dalam desain perencanaan, gambar, dan perhitungan struktur dan RAB” kata Fazi. Kini ia merasa on-track sebagai arsitek yang ia cita-citakan sejak kecil sudah tercapai. Tinggal mengembangkan terus agar menjadi arsitek handal, ungkap Fazi.  Menururtnya, banyaknya materi-materi praktik di lapangan yang diterapkan pada prodi arsitektur menjadi keunggulan tersendiri, dan menjadikan lulusan langsung bisa mengaplikasikan dan menyesuaikan dengan tuntutan pekerjaan. Ia menyampaikan bahwa orang tuanya sangat bangga ia dapat langsung terserap dalam dunia kerja yang sesuai bidangnya, di perusahaan yang bonafid pula.

Nur Fariza

Nur Fariza

Sedangkan Nur Fariza lulusan Teknik Informatika UTY, sudah bekerja di GAMELOFT, sebuah perusahaan internasional produsen videogame yang berpusat di Perancis. Keberhasilan Nur Fariza masuk ke Gameloft tidak terlepas dari bekal ilmu teknik informatika. Ia bekerja sejak masih kuliah, dan kini menjabat sebagai produser game.   Ia menyampaikan bahwa di Indonesia Gameloft dipimpin seorang Country Manajer yang berasal dari Rumania, yang membawahi dua orang Production Manajer yang semuanya orang asing. Sedang posisinya saat ini ada di bawah Production Manajer, kata Riza.  Bekerja dengan team dan standar kerja internasional yang berorientasi pada kualitas dan deadline, merupakan tantangan yang menyenangkan. Karena menurutnya, team bisa bekerja secara sangat produktif, dalam suasana yang fun. Ia menuturkan bahwa game-game yang dibuat untuk aplikasi android, windows dan IOS, dengan konsumen yang tersebar di seluruh dunia.  Saat ini ia tengah menggarap game Disney Magic Kingdom  yang merupakan game tycoon untuk anak kecil. Dalam setiap proses penggarapan game ia berkolabirasi dengan Studio Gameloft di berbagai penjuru dunia seperti di Meksiko, Italia, Rumania, Amerika, atau negara-negara di Asia. Dari hasil tabungannya, Riza yang merupakan anak petani sederhana di Kabupaten Magelang ini, merencanakan akan segera studi lanjut S2.

Sementara itu, berbekal surat keterangan lulus setelah ujian pendadaran, Fajar Rohmanto lulusan prodi Akuntansi, diterima sebagai finance officer Kompas Gramedia Group Jakarta.  Sedangkan Yuliana Nafa’ani juga dari Prodi Akuntansi kini sudah bekerja sebagai junior auditor di KAP dbsd&a Jakarta. Yuliana menyampaikan bahwa dalam tugas akhir ia melakukan magang di Kantor Akuntan Publik dbsd&a Jakarta. Ia merasa beruntung karena setelah usai magang ia ditawari untuk lanjut kerja di KAP tempat magang tersebut. Sehingga di saat lulus kali ini ia sudah bekerja dan tidak lagi bingung dalam mencari kerja. Yuliana menyampaikan bahwa teman-temannya dari kelasnya sebagian besar sudah bekerja saat wisuda kali ini.

Drs, Rokhmat, MM., Akt. Humas UTY menyampaikan bahwa jumlah mahasiswa yang bekerja sebelum wisuda terus meningkat. Masih banyak lulusan lain yang saat wisuda kali ini berlangsung sudah bekerja di berbagai instansi dan perusahaan diantaranya di Dinas Pekerjaan Umum, Universitas Flores, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, RSUD Prembun, UPT Dinas Pendidikan Karanganyar,  BUKP DIY, FISIPOL UGM, Computa, BAF Finance,  Universitas Negeri Yogyakarta, Amaris Hotel, dan lain-lain.