Media Interaktif Lebih Efektif Dari One Way Traffic Digital Marketing

Dario Miosevic diskusi tentang marketing dengan dosen-dosen UTY

Dario Miosevic diskusi tentang marketing dengan dosen-dosen UTY

Selama seminggu di awal Mei 2017 ini, Prof. Dario Miosevic dari Split University Croatia, melakukan kunjungan ke Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY).  Pada kunjungan kali ini Dario Miosevic yang merupakan Profesor bidang pemasaran di Split University tersebut memberikan kuliah umum bagi mahasiswa S1, S2, dan Dosen-dosen UTY.  Dr. Ir. Arief Hermawan, MT Wakil Rektor Bidang Akademik UTY menyampaikan bahwa kunjungan Prof  Dario Miosevic tersebut dalam rangka Teaching Mobility Program, dari Erasmus+ Uni Eropa. Dipilihnya UTY sebagai mitra Split University tidak lepas dari keberhasilan UTY dalam menjalin kerjasama dengan beberapa universitas terkemuka di Eropa Timur.  Menurut Arief Hermawan kehadiran dosen-dosen tamu internasional sebagaimana Mario Miosevic sangat bermanfaat untuk membuka wawasan dosen dan mahasiswa. 

Dario Miosevic diskusi bertajuk " Exchanging Teaching and Researching Insight and Experience" dengan dosen-dosen Fakultas Bisnis dan Teknologi Informasi

Dario Miosevic diskusi bertajuk " Exchanging Teaching and Researching Insight and Experience" dengan dosen-dosen Fakultas Bisnis dan Teknologi Informasi

Arief Hermawan  menyampaikan bahwa dengan mengikuti program Erasmus+ juga, beberapa saat lalu dosen UTY Dr. Endy Marlina, MT telah melakukan kunjungan ke Split University untuk mengikuti course di Univercity of Split serta menjajagi penelitian bersama. Saat ini pula dua dosen UTY yakni  Dr. Eko setyo Humanika dan Dr. Rajaban, MHum sedang mengikuti program yang sama di Split University Croasia, dan melakukan presentasi hasil penelitian di Eropa Timur, ungkap Arief Hermawan.

Adapun materi-materi kuliah umum Dario Miosevic di UTY, terkait dengan bidang pemasaran, dengan mengambil kasus-kasus yang terjadi di Eropa dan dunia pada umumnya.  Beberapa tema yang diangkat dalam beberapa sesi kuliah umum dan diskusi adalah  “Introduction to   marketing management & Strategic Marketing in Digital Economy”. “The Role of Marketing Management in Corporate Strategic Planning”. Dua tema tersebut diperuntukkan bagi mahasiswa Program Magister Manajemen. Kuliah bagi mahasiswa S1 mengambil tema  “Segmentation and Targeting” dan tema “Differentiation and Positioning”. Sedangkan diskusi dengan dosen-dosen mengambil tema “Exchanging Teaching and Researching  Insights and Experience”.

Dario Miosevic diskusi bertajuk " Exchanging Teaching and Researching Insight and Experience" dengan dosen-dosen Fakultas Bisnis dan Teknologi Informasi

Dario Miosevic menyampaikan materi Pemasaran dengan sudut pandang internasional kepada mahasiswa UTY

Dari beberapa tema yang ia bawakan, Dario Miosevic menekankan pentingnya penggunaan media digital untuk pemasaran di era teknologi informasi saat ini. Iapun memaparkan penerapan digital marketing pada beberapa perusahaan terkenal di dunia. Menurutnya, penerapan digital marketing memerlukan pemahaman yang kuat dari para marketer terkait dengan teknologi informasi, strategi dasar digital marketing, pengembangan ide, kreatifitas, pemahaman perilaku dan kebutuhan konsumen, serta diferensiasi dan positioning yang tepat. Dario Moisevic mengatakan bahwa saat ini pemanfaatan media sosial dalam marketing merupakan suatu keharusan.  Bahkan di era sekarang ini, media dengan fasilitas interaktif  seperti facebook, semakin diperlukan dan lebih efektif dibandingkan media yang bersifat one way traffic semacam website.  Untuk itu ia menyampaikan bahwa kini perusahaan-perusahaan dituntut untuk dapat mengelola departemen digital marketing, dengan menempatkan orang-orang yang kompeten dalam berinteraksi dengan konsumen, bisa memberikan solusi yang tepat dan cepat, serta memiliki otoritas dalam pengambilan keputusan khususnya pada ranah marketing.  Menurutnya digital marketing telah nyata-nyata menggeser peran marketing konvensional. Begitu pula perusahaan-perusahaan yang berbasis digital kini telah menjelma menjadi perusahaan raksasa dalam waktu sekejap. Misalnya Uber dan Grab dalam bidang transportasi.