Memanfaatkan Teknologi (IoT) Guna Membangun Indonesia

JoegiantoBusines Development POLYTRON menyampaikan materi Pemanfaatan IoT Guna Membangun Indonesia

Joegianto Busines Development POLYTRON menyampaikan materi Pemanfaatan IoT Guna Membangun Indonesia

Kamis, 18 Mei 2017 di Plaza Kampus 1 Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMATIKA) UTY memperingati hari jadinya ke-10. Berbeda dari tahun sebelumnya, pada ultah kali ini mengusung tema “Mengenalkan dan Memanfaatkan Teknologi (IoT) Guna Membangun Indonesia Menjadi Negara Penghasil Produk Teknologi Terkemuka”. Serangkaian kegiatan dilakukan berupa Talkshow Internet Of Think (IoT), Himatika Got Talent (HGT), Mobile Legends Tournament, dan Coding On The Spot (COTS).

Rangkaian acara tersebut dibuka secara resmi oleh Dr. Junaidi, M.Si., Ak., CA selaku Wakil Dekan Fakultas Bisnis dan Teknologi Informasi (FITB) UTY. Junaidi berharap para mahasiswa yang tergabung dalam HIMATIKA UTY, terus berprestasi pada level nasional dan internasional. Acara tersebut dimeriahkan dengan pemotongan tumpeng oleh Kaprodi Teknik Informatika Yuli Asriningtyas, S.Kom., M.Kom yang selanjutnya diserahkan kepada Ketua HIMATIKA UTY, dan hiburan dari Paduan Suara Mahasiswa (PSM) NADA UTY.

Hadir sebagai nara sumber Talkshow IoT (Internet of Things) yaitu Joegianto yang saat ini menjabat sebagai Business Development PT. Hartono Istana Teknologi (POLYTRON). Menururt Joegianto, IoT merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus menerus.  Adapun manfaat dari IoT adalah membantu pekerjaan manusia agar lebih efisien dan tepat waktu, misalnya dengan berbagi data, remote control dan sebagainya.  Melalui IoT pula dimungkinkan  bahan pangan, elektronik, dan peralatan apa saja, termasuk benda hidup dapat  tersambung kejaringan lokal dan global melalui sensor yang tertanam dan selalu aktif untuk berkomunikasi dengan manusia maupun hardware.  

Joegianto memberikan contoh pemberian makanan ikan di akuarium dengan implementasi IoT dengan alat otomatis yang bisa mendeteksi ikan sudah lapar dan kadar air. Sehingga pemilik tidak perlu khawatir ketika harus bepergian dalam waktu lama.

Dalam kesempatan itu Joegiyanto menyampaikan bahwa produk POLYTRON tidak hanya dibuat oleh pihak POLYTRON saja, akan tetapi juga bisa dibuat dari pihak lain. Sehingga ia menawarkan kepada peserta talkshow yang  memiliki ide inovatif dalam bidang peralatan elektronik,  bisa langsung menawarkan idenya ke pihak POLYTRON. PT Hartono Istana Teknologi saat ini siap merealisasikan ide-ide siapapun yang bersifat out of the box menjadi produk nyata dan kemudian membantu untuk masuk ke pasar serta produksi massal, asal memenuhi ketentuan bahwa produk tersebut benar-benar bermanfaat bagi orang banyak.  “Sebagai mahasiswa teknologi harus siap berfikir (out of the box) atau berfikir di luar zona nyaman, dengan melakukan eksperimen diluar materi perkuliahan dan memberikan inovasi, untuk memberikan sumbangsih bagi bangsa Indonesia” pesan Joegianto.