MENWA UTY Ikuti Aksi Bersih Sungai di Bantul

Aksi MENWA UTY dalam kegiatan bersih kali

Aksi MENWA UTY dalam kegiatan bersih kali

Minggu, 21 Mei 2017, Satuan Resimen Mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta (MENWA UTY) berpartisipasi dalam kegiatan Aksi Bersih dan Edukasi Sungai Winongo di Niten Bantul. Kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara Badan Lingkungan Hidup DIY dengan Kwartir Cabang Pramuka, FKWA (Forum Komunikasi Winongo Asri),  Resimen Mahasiswa Mahakarta, dan SAKA Kalpataru.

Kegiatan ini mengikutsertakan seluruh anggota resimen mahasiswa se-Yogyakarta termasuk Menwa UTY. Selain itu, siswa/i SMA/SMK, serta anggota SAKA Kalpataru turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Dalam kegiatan ini, Menwa UTY mengirimkan anggota terbanyak. Hal ini disambut baik oleh para penyelenggara dan berharap bisa bekerjasama kembali dalam acara yang berbeda.  Pengurus PWA (Pawiyatan Winongo Asri) mengemukakan bahwa kegiatan bersih sungai ini bertujuan untuk mengasah keinginan dan harapan akan kesadaran para generasi muda dalam menjaga keasrian lingkungan, terutama kepedulian terhadap ekosistem dan kebersihan sungai.

MENWA UTY foto bersama tokoh masyarakat setempat usai kegiatan bersih kali

MENWA UTY foto bersama tokoh masyarakat setempat usai kegiatan bersih kali

Lokasi aksi ini berpusat di sekitar bantaran sungai di bawah jembatan Niten, yang dianggap sebagai tempat pembuangan sampah. Para peserta sangat antusias dalam acara ini dan mengapresiasinya dengan baik. Bukan hanya itu saja, masyarakat yang mengikuti kegiatan tersebut juga mendapat wawasan yang lebih luas mengenai biota-biota alam yang ada disekitar sungai.

Dr. Junaidi, MSi  Wakil Dekan Fakultas Bisnis dan Teknologi Informasi, yang juga menjadi pembina Resimen Mahasiswa UTY menyampaikan bahwa aksi bersih sungai ini merupakan  upaya untuk memberi contoh kepada masyarakat dan diri kita sendiri bahwa upaya yang paling sederhana menjaga kebersihan sungai adalah dengan tidak membuang sampah di sungai. Selain itu, dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan dapat mempererat silaturahi dan kerjasama antar masyarakat dan seluruh peserta maupun penyelenggara. Pada kegiatan ini, secara tidak langsung mengajarkan nilai-nilai dan moral, kekompakan dan solidaritas antar anggota Menwa se-Mahakarta. Dengan sikap disiplin, loyalitas, korsa, dan menggunakan inteligensi, kegiatan apapun dapat dilalui dengan lancar, ungkap Junaidi.