Microsoft Office Training, Bagi Dosen dan Mahasiswa UTY

Huda Marofiq dari Microsoft Indonesia menyampaikan materi training kepada dosen-dosen UTY

Huda Marofiq dari Microsoft Indonesia menyampaikan materi training kepada dosen-dosen UTY

Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan kualitas proses pembelajaran guna menghasilkan lulusan yang dapat bersaing di era komputasi awan, Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) menjalin kerjasama dengan Microsoft Indonesia. Dengan kerjasama tersebut dosen dan mahasiswa UTY, diberi fasilitas berupa aktifasi software Windows 10 dan Microsoft Office 365 plus, ditambah fasilitas simpanan online melalui one drive Microsoft sebesar 1 terra per dosen atau mahasiswa, dan email uty.ac.id secara free.

Selain itu, Micrososft juga memberikan fasilitas office training bagi dosen dan mahasiswa UTY terkait penggunaan fasilitas yang telah diberikan Microsoft tersebut.  Aktifasi software tersebut dimulai tanggal 25 April 2017 lalu, sedangkan pelatihan bagi mahasiswa dilakukan tanggal 20 Mei 2017, dan pelatihan bagi dosen dilakukan pada tanggal 22-23 Mei 2017 lalu. Training bagi mahasiswa bertajuk “Office 365 Sebagai Sarana Kolaborasi dan Komunikasi Mahasiswa UTY”. Sedangkan Training bagi dosen bertajuk “Optimalisasi Office 365 Untuk Menunjang Proses Belajar Mengajar”.

Mahasiswa UTY antusias mengikuti paparan Huda Marofiq dari  Microsoft  Indonesia

Mahasiswa UTY antusias mengikuti paparan Huda Marofiq dari Microsoft Indonesia

Adapun materi training disampaikan oleh Huda Marofiq,  perwakilan Microsoft Indonesia. Dalam kesempatan itu Huda Marofiq menjelaskan bagaimana optimalisasi penggunaan windows 365.  Secara rinci Huda Marofiq menjelaskan bagaimana optimalisasi penggunaan fasilitas simpanan di one drive microsoft dengan kapasitas yang sangat besar yakni 1 terra. Selain itu juga dijelaskan Microsoft forms yang dapat digunakan secara praktis oleh dosen untuk berbagai kepentingan pembelajaran misalnya kuis bagi mahasiswa, registrasi, survey, serta penyebaran dan pengumpulan data kuisioner penelitian. Pelatihan juga diisi office mix dan skype for business. Secara detail Huda Marofiq menjelaskan office mix sebagai sarana tambahan dalam power point. Dengan fasilitas tersebut presentasi akan menjadi sangat menarik misalnya dengan adanya fasilitas perekaman. Sedangkan terkait fasilitas skype for business, Huda Marofiq menjelaskan secara rinci bagaimana cara membuat video streaming dengan Windows 365, online, tele conference, dll.    

Dr. Arief Hermawan, MT Wakil Rektor Bidang Akademik UTY menyampaikan bahwa sebagai seorang pendidik, dosen merupakan pembelajar sepanjang hidup yang harus memahami kemajuan dan tuntutan jaman. Pemberian fasilitas berikut pelatihan dari microsoft kepada para dosen diantaranya dimaksudkan untuk mengasah kecakapan teknologi informasi dan komunikasi para dosen, agar dapat melakukan lompatan-lompatan besar dalam mendidik dan mentransfer ilmu pengetahuan kepada mahasiswa. Arief  Hermawan mengungkapkan bahwa dengan Windows 365 dosen bisa melakkan kolaborasi materi, dengan saling mengisi dan melengkapi dengan menggunakan skype. Kemampuan kolaborasi online ini juga merupakan softskill yang sangat diperlukan di era teknologi informasi. Dengan semakin luasnya penggunaan teknologi komputasi awan ini, dosen akan dapat mendidik dan mentransfer ilmu pengetahuan kepada mahasiswa secara menarik, menyenangkan, produktif, dan efektif. Dengan demikian maka secara otomatis akan meningkatkan kemampuan mahasiswa. “Dosen yang baik dan maju akan menjadi inspirasi bagi mahasiswa agar menjadi generasi penerus yang lebih baik dan lebih maju”, kata Arief Hermawan.