UTY Fasilitasi Aktifasi Software dan Sertifikasi Microsoft

Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM., Akt., CA memberikan sambutan

Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM., Akt., CA memberikan sambutan

Layanan kepada mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) terus ditingkatkan. Kali ini UTY bekerjasama dengan Microsoft Indonesia untuk menaikkan bandwith sebesar 6 kali lipat dari yang ada saat ini. Melalui kerjasama itu, mahasiswa UTY diberi fasilitas gratis berupa aktifasi software Windows 10 dan Microsoft Office 365 plus, fasilitas simpanan online melalui one drive Microsoft per mahasiswa 1 tera, dan email uty.ac.id. Program kerjasama yang dikemas dalam “Microsoft Student Use Benefit & Peningkatan Bandwith” tersebut di-launching oleh Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM., Akt., CA di Plaza Kampus 1 UTY Selasa 25 Aril 2017, dengan dihadiri para pejabat di lingkungan UTY, dosen-dosen dan mahasiswa.

Dosen dan Mahasiswa UTY antusias mengikuti acara Launching Microsoft Student Use Benefit & Peningkatan Bandwith

Dosen dan Mahasiswa UTY antusias mengikuti acara Launching Microsoft Student Use Benefit & Peningkatan Bandwith

Pengelola PUSKOM (Pusat Komputer) UTY, Riyanto, MKom menyampaikan bahwa para mahasiswa sangat antusias dengan fasilitas yang diberikan UTY bekerjasama dengan Microsoft tersebut.  Saat launching dilaksanakan, lebih dari 1.500 mahasiswa sudah mendaftar diri untuk memanfaatkan fasilitas tersebut. Padahal pendaftaran akan terus berlangsung sampai tanggal 4 Mei 2017, ungkapnya.

Usai launching, Hafiz dan Mahesa mahasiswa dari Prodi Teknologi Informasi UTY yang langsung mencoba internet UTY, menyampaikan bahwa koneksi internetnya sangat cepat. Mereka menyambut  sangat positif dan mengatakan bahwa hal itu akan sangat mendukung dalam mencari bahan-bahan untuk belajar dan menyelesaikan tugas-tugas kuliah.

Sementara itu Iwan dari Sastra Inggris menyampaikan bahwa aktifasi software resmi dari Microsoft secara gratis tersebut sangat luar biasa. Ia membandingkan, jika harus membeli di luaran, maka nilainya sangat tinggi. Ia menyebutkan bahwa harga software Windows 10 sekitar Rp. 2 juta. Micrososft Office plus Rp. 1,75 juta. Fasilitas itu masih ditambah lagi dengan email uty.ac.id, dan fasilitas menyimpan online dengan one drive Microsoft per mahasiswa sebesar 1 terra byte.  Ia membandingkan jika menggunakan fasilitas umum (free) rata-rata seseorang hanya bisa menyimpan secara online sebesar 5 giga byte saja, ungkapnya.

Launching ditandai dengan penekanan tombol oleh Rektor UTY

Launching ditandai dengan penekanan tombol oleh Rektor UTY

Dalam sambutannya pada acara launching tersebut, Bambang Moertono menyampaikan bahwa UTY berkomitmen tinggi untuk memberikan layanan terbaik bagi mahasiswa. Ke depan, jika penggunaannya bisa optimal, maka bandwithnya akan ia naikkan lagi, janji Bambang Moertono disambut  applaus dosen dan mahasiswa UTY yang mengikuti acara tersebut. Kami sangat mengutamakan kepentingan mahasiswa, sehingga aktifasi software dari Microsoft pada kesempatan ini untuk mahasiswa dulu. Sedangkan aktifasi untuk dosen setelah aktifasi mahasiswa selesai, katanya.

Selain itu, Bambang Moertono menyampaikan bahwa kerjasama dengan Microsoft kali ini juga  termasuk program sertifikasi internasional dari Microsoft untuk mahasiswa UTY. Bambang Moertono mengatakan bahwa untuk mengikuti sertifikasi tersebut mahasiswa UTY cukup membayar Rp. 50.000. Dan jika tidak lulus mahasiswa hanya dikenakan pembayaran Rp. 130.000 untuk mengulanginya. Ia menyebutkan bahwa untuk mengikiti sertifikasi serupa, di luaran orang harus membayar US $ 90.  Untuk itu ia menginginkan  semua mahasiswa UTY dapat mengikuti sertifikasi, sebagai salah satu bekal dalam bersaing di dunia kerja nantinya. 

Dalam kesempatan itu pula Bambang Moertono menyampaikan rencana-rencana kegiatan dalam waktu dekat yang jumlahnya lumayan banyak, yang semuanya bermuara pada peningkatan mutu pendidikan dan layanan mahasiswa. Diantaranya kuliahtamu dari Wakil Menteri Keuangan RI Prof. Dr. Mardiasmo, MBA, Akt, Wakil Menteri Keuangan RI, pada hari Sabtu 29 Aril 2017, dan kegiatan Launching Jurnal Ilmiah Internasional.

Dr. Hj Zulhawati, MM menyampaikan sambutan

Dr. Hj Zulhawati, MM menyampaikan sambutan

Sementara itu Dr. Hj. Zulhawati, MM Pengurus Yayasan Dharma Bhakti IPTEK, mengatakan “meskipun saat ini eranya sudah sangat canggih dengan berbagai macam fasilitas kemudahan IT yang tersedia, namun aspek-aspek ahlak dan kepribadian tidak boleh dilupakan. Tetaplah jaga kesopansantunan, kedisiplinan, dan tata krama pergaulan termasuk dengan dosen.” Kecanggihan teknologi yang tinggi akan menjadi tidak berarti jika ahlak dan kepribadiannya rendah” tegasnya.

Sedangkan Huda Marofiq dari Microsoft Indonesia menyampaikan apresiasinya terhadap antusiasme dan partisipasi mahasiswa UTY pada acara tersebut.  Menurut Huda, menggunakan software illegal pada dasarnya adalah melanggar hak cipta. Di sisi lain, menggunakan software legal akan memberikan rasa aman baik secara batin karena legal/tidak melanggar hukum, maupun gangguan teknis karena adanya proses copy yang tidak sempurna.

Di akhir kegiatan launching diadakan talkshow terkait penggunaan internet secara smart, yang diisi oleh Sendayu selaku Busines Manager PT Skill Menara Pratama. Selain itu juga diberikan petunjuk download via local web-storage.