Buka Bersama Mahasiswa, UTY Siapkan 500 Porsi Perhari

Mahasiswa UTY berbuka puasa di Masjid Kampus 1 UTY

Mahasiswa UTY berbuka puasa di Masjid Kampus 1 UTY

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam bulan Ramadhan. Diantaranya buka puasa bersama mahasiswa, tarawih, tadarus, kajian-kajian islami, pengajian akbar, dan pemberian santunan kepada anak-anak panti asuhan di DIY.

Suasana buka puasa bersama di Masjid Kampus 1 UTY

Suasana buka puasa bersama di Masjid Kampus 1 UTY

Dr. Mustaqim Pabbajah, MA Ketua Takmir Masjid UTY merasa bersyukur karena kegiatan pada bulan Ramadhan tahun 1438 H di tiga Kampus UTY lebih semarak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.  Ia mencontohkan bahwa untuk takjil / buka puasa bersama mahasiswa pada tahun ini,  setiap hari UTY menyiapkan sekitar 500 porsi. Sedangkan untuk sahur bersama mahasiswa setiap hari tidak kurang disiapkan sebanyak 60 porsi. Mustaqim menyampaikan bahwa kegiatan buka puasa dan sahur bersama mahasiswa tersebut didanai oleh Yayasan Dharma Bhakti IPTEK sebagai penyelenggara UTY dan sebagian dana lagi diambil dari kas Masjid UTY.

Adapun rangkaian kegiatan Ramadhan di UTY 1438 H yang rutin diselenggarakan setiap hari adalah berbuka bersama mahasiswa, sholat tarawih, tadarus, sholat tahajud bersama, dan sahur bersama dilanjutkan jamaah sholat subuh. Sebelum berbuka puasa dan sebelum sholat tarawih diselenggarakan ceramah/tausiah yang diisi oleh Dosen-dosen UTY dan Ustadz-ustadz dari luar UTY.  Semaraknya Masjid UTY begitu terlihat, karena usai sholat maghrib dan berbuka puasa bersama, sebagian besar mahasiswa melanjutkan sholat tarawih di Masjid Kampus UTY. Sedangkan sebagiannya lagi, usai tarawih melanjutkan untuk tadarus. 

Jamaah Putri / mahasiswi ramai berbuka puasa di Masjid Kampus 1 UTY

Jamaah Putri / mahasiswi ramai berbuka puasa di Masjid Kampus 1 UTY

Salah satu kegiatan yang juga patut disyukuri adalah banyaknya jamaah sholat tahajud yang dilanjutkan dengan sahur bersama khususnya di Kampus 1 UTY.  Mustaqim menyampaikan bahwa kegiatan tahajud dan sahur bersama ini baru dimulai tahun ini. Mengingat besarnya animo mahasiswa yang mengikutinya, ia berharap pada tahun ke depan kegiatan ini akan terus berlangsung, dan berharap bisa lebih banyak mahasiswa yang mengikutinya. “Bagaimanapun landasan spiritual yang kuat akan sangat berarti dalam kesuksesan dan kebahagiaan dunia akhirat seseorang”, kata Mustaqim.

Melihat semaraknya kegiatan buka bersama, sholat tahajud dan sahur bersama di UTY, beberapa Ustadz dari luar UTY mengatakan, “berdasar hasil pemantauan mereka, kegiatan buka bersama dan sahur bersama di UTY merupakan kegiatan buka bersama di Kampus yang paling semarak di Jogja, pada tahun ini. Apalagi ditambah tahajud bersama, yang masih merupakan kegiatan yang sangat langka baik di masjid umum maupun masjid kampus”.

Adapun pengajian akbar di UTY pada tahun ini diselenggarakan pada hari Sabtu 10 Juji 2017, dengan mengundang dosen, karyawan, mahasiswa, dan lebih dari 40 panti asuhan yang ada di wilayah DIY. Adapun pengajian akbar kali ini diisi oleh Bapak Drs KH. Henri Sutopo salah satu Pengasuh Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta.