MENWA UTY Berbagi Kebaikan di Bulan Suci

Perwakilan Menwa UTY secara simbolik menyerahkan bantuan kepada Panti Asuhan BASA

Perwakilan Menwa UTY secara simbolik menyerahkan bantuan kepada Panti Asuhan BASA

Di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, Satuan Resimen Mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) kembali mengadakan kegiatan bakti sosial. Bakti sosial yang diselenggarakan tanggal 11 Juni 2017 ini mengusung tema “Bersihkan Hati, Mengabdikan Diri, Berbagi Kasih Di Bulan Suci”, dengan mengambil tempat di Panti Asuhan “BASA” Badan Amal Saleh dan Amanah, di Jalan Godean KM 16,5 Sleman.

Dr. Junaidi, MSi Wakil Dekan FITB UTY yang juga sebagai Pembina Menwa UTY, menyampaikan bahwa sesuai dengan tema, kegiatan tersebut diagendakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap orang-orang yang membutuhkan. Kegiatan tersebut mengikutsertakan mahasiswa dan masyarakat sekitar panti untuk membentuk rasa peduli sesama, membangun silaturahmi antar sesama manusia, serta membentuk pribadi yang memiliki tenggang rasa tinggi serta jiwa sosial yang kuat.

Menwa UTY bersama Keluarga Besar Panti Asuhan BASA Jl. Godean Sleman

Menwa UTY bersama Keluarga Besar Panti Asuhan BASA Jl. Godean Sleman

Menurut Junaidi, Panti BASA termasuk kategori memprihatinkan. Hal ini dilihat dari kondisi/keadaan panti yang dinilai kurang layak untuk aktifitas kehidupan sehari-hari anak asuh panti yang masih dalam masa tumbuh dan berkembang. Oleh sebab itu, Panti BASA dipilih untuk menjadi panti yang diberi bantuan berupa santunan berupa uang dan donasi barang bekas layak pakai. Santunan dan donasi tersebut diperoleh dari para mahasiswa maupun relawan yang menyumbangkan barangnya.

Kegiatan berbagi tidak sebatas membagikan materi kepada anak-anak panti asuhan. Namun juga berbagi kebahagiaan dengan bermain bersama. Acara berlangsung meriah hingga masuk ke sesi fun games. Di sesi tersebut, seluruh partisipan mulai dari Menwa, mahasiswa dan anak-anak panti asuhan melebur menjadi satu dalam kekompakan berkelompok. Dari keseruan tersebut juga diperoleh hasil karya berupa tulisan kata-kata mutiara agar siapapun yang membacanya dapat terinspirasi dan termotivasi.

Memasuki waktu maghrib, tamu acara disuguhkan penampilan hadroh dari anak-anak panti sambil menunggu waktu berbuka. Setelah berbuka puasa, acara berlanjut hingga tarawih bersama. Terakhir acara ramah tamah dan penyerahan donasi secara simbolis. Donasi untuk kaum hawa tak luput diserahkan secara langsung kepada pengurus panti khusus putri. Salah satu perwakilan dari pengasuh panti mengucapkan terima kasih dan menetapkan peserta (menwa dan mahasiswa) sebagai pengasuh panti BASA. Yang tidak lain adalah sebagai penguat tali silaturahmi.

Dari serangkaian acara yang dilaksanakan dapat diperoleh hikmah dari indahnya kebersamaan, kekompakan, mengasah kreatifitas dan toleransi. Mahasiawa juga berperan besar atas terlakasananya kegiatan tersebut. Sehingga diharapkan kedepannya tingkat kepedulian masyarakat terhadap sesama dapat terus meningkat.