Review & Monitoring : Program Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Salahsatu dosen sedang mempresentasikan proposal penelitian

Salahsatu dosen UTY sedang mempresentasikan proposal penelitian

Universtas Teknologi Yogyakarta (UTY) menyelenggarakan presentasi prosposal penelitian para dosen. Kegiatan yang bertajuk Review & Monitoring : Program Penelitian dan Pengabdian Masyarakat tersebut berlangsung tanggal 8 Juni 2017, di Kampus 1 UTY. Acara dibuka oleh Wakil Rektor 1 Bidang Akademik UTY Dr. Ir. Arief Hermawan, MT. Dengan mempresentasikan 20 proposal penelitian dosen dan 4 proposal pengabdian masyarakat.  

Setiap dosen diberikan waktu untuk mempresentasikan proposal masing-masing, yang selanjutnya dinilai dan diberikan masukan oleh reviewer yang terdiri Dr. Junaidi, MSi, Akt., CA, Dr. Suhirman, Mkom, dan Hestin Mulyandari, ST MT. Para presenter juga mendapat masukan dari dosen-dosen lain baik sesama presenter maupun dari  dosen-dosen senior.

Dosen-dosen sedang memberikan pembahasan atas proposal penelitian yang dipresentasikan

Dosen-dosen sedang memberikan pembahasan atas proposal penelitian yang dipresentasikan

Dalam sambutannya Arief Hermawan mengingatkan arti penting penelitian yang merupakan salah satu aktivitas wajib bagi seorang dosen dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi. Melalui sebuah penelitian pula dapat ditemukan pemahaman, teknologi, dan solusi baru atas berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakt luas.

Menurut Arief Hermawan, acara tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan motivasi dan produktifias dosen dalam meneliti, serta bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil penelitian.

Lebih lanjut Arief Hermawan menyampaikan bahwa penelitian memiliki peran penting dalam pengembangkan materi pengajaran.  Dengan melakukan penelitian tentunya seorang dosen dituntut mengkritisi keakuratan pengetahuan yang sudah ada selama ini. Apabila sudah kurang relevan, maka seorang dosen dituntut untuk mencari pengetahuan baru yang dapat memecahkan permasalahan terkini. Proses tersebut, akan menjadikan dosen menjadi lebih peka terhadap kemajuan keilmuan khususnya yang bersifat terapan, serta lebih memahami kebutuhan aplikasinya dalam kehidupan nyata. Sedangkan dukungan hasil penelitian yang up to date akan menghasilkan materi ajar yang berkualitas dan memiliki nilai kebaruan, yang dapat membangkitkan kemampuan mahasiswa dan menjadikan mahasiswa sebagai sosok yang inovatif dan kretif dalam menjawab tantangan jaman.

Arief Hermawan mengungkapkan bahwa institusi perguruan tinggi merupakan kiblat ilmu di mata masyarakat. Sehingga secara moral dosen berkewajiban untuk mendarmabaktikan diri untuk kemajuan kehidupan masyarakat. Melalui kegiatan penelitian pula, dapat menjadi bekal dalam pengabdian masyarakat, melalu sumbangsih yang diberikan dosen berupa solusi dan inovasi terhadap berbagai masalah yang berkembang di masyarakat, atau temuan cara baru untuk kehidupan yang lebih baik.

Arief Hermawan mengatakan, penelitian dapat meningkatkan bermanfaat baik pribadi peneliti maupun perguruan tingginya. Secara pribadi selain meningkatkan keilmuan, penelitian-penelitian yang berkualitas sangat potensial bisa mendapatkan dana dari berbagai pihak, dan dapat meningkatkan jabatan akademik. Penelitian tersebut secara otomatis,akan meningkatkan reputasi perguruan tinggi jika dapat diterbitkan di jurnal-jurnal ilmiah yang diakui secara nasional ataupun internasional. 

Dari kegiatan tersebut terlihat besarnya antusiasme dosen-dosen dalam mempresentasikan karya-karya mereka. Begitu pula antusiasme tinggi para dosen dalam mengikuti acara dari awal sampai akhir. Kegiatan tersebut akan terus ditingkatkan frekuensinya di masa-masa yang akan datang, kata Arief Hermawan.