Hari Pertama Kerja, UTY Gelar Halal Bihalal

Seluruh Besar Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) salin berjabat tangan sebagai ungkapan saling maaf-memaafkan

Seluruh Keluarga Besar Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) saling mengungkapan maaf-memaafkan, dengan berjabat tangan

Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY)  menggelar  acara Halal Bihalal di hari pertama kerja usai libur Lebaran, Senin (3/7/2017). Acara yang sudah rutin tersebut dihadiri seluruh Pengururs Yayasan Dharma Bhakti IPTEK, Rektor dan seluruh unsur Pimpinan UTY, seluruh dosen dan karyawan UTY. Adapun tausiah halal bi halal yang digelar di Masjid Kampus 1 UTY tersebut disampaikan oleh Prof. Dr. Machasin, MA.

Prof. Dr. Machasin, MA memberikan tausiah halal bihalal di UTY

Prof. Dr. Machasin, MA memberikan tausiah Halal Bihalal di UTY

Dalam tausiahnya Prof. Machasin diantaranya menyampaikan bahwa idul fitri dan halal bi halal yang bermuatan ungkapan dan tindakan saling memaafkan, merupakan momen penting untuk rekonsiliasi/berdamai. Adapun secara rinci ia menyampaikan bentuk-bentuk  rekonsialiasi tersebut. Diantaranya rekonsiliasi antara orang tua dengan anak. Ungkapan anak meminta maaf anak kepada orang tua,  begitu pula orang tua yang juga mengakui banyak salah dengan ungkapan dalam bahasa jawa “aku sing tuwo okeh salahe” / saya yang tua, yang banyak salah. Merupakan ungkapan sikap rendah hati meski lebih tua, atau lebih dalam berbagai hal misalnya pangkat, derajat, harta, kepandaian, senioritas dan sebagainya, mau menyampaikan permintaan maaf dan pengakuan jika ada kesalahan. Hal ini sekaligus menghargai pihak lainnya.  Rekonsiliasi juga terjadi pada warga yang merantau (mudik) dengan warga yang tinggal/menetap di daerah, dan rekonsiliasi antara mereka yang memiliki ganjalan/masalah dalam hidup bermasyarakat. Bahkan rekonsiliasi antara yang masih hidup dengan yang sudah mati, dengan mendo’akan yang sudah meninggal.

Rektor UTY, Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM., Akt., CA memberikan sambutan pada acara Halal Bihalal Keluarga Besar UTY

Rektor UTY, Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM., Akt., CA memberikan sambutan pada acara Halal Bihalal Keluarga Besar UTY

Sementara itu Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa halal bi halal atau syawalan memiliki makna meningkat. Untuk itu ia mengajak seluruh keluarga besar UTY untuk bisa meningkatkan rasa persaudaraan, diantaranya dengan membudayakan bersalaman jika bertemu. Karena dengan bersalaman komunikasi verbal akan lebih harmonis,iklim kerja menjadi lebih tenteram dan kondusif. Hal ini tentunya akan secara otomatis meningkatkan kinerja kita. Bersalaman juga dapat menghapus dosa-dosa kecil diantara mereka yang bersalaman, tambahnya.Tidak lupa Bambang Moertono juga menyampaikan permintaan maaf atas nama dirinya dan seluruh Pimpinan UTY kepada keluarga besar UTY termasuk kepada segenap Pengurus Yayasan Dharma Bhakti IPTEK.

Sedangkan Drs. H Iskandar Abdurrahman dalam sambutannya selaku Pengurus Yayasan Dharma Bhakti IPTEK menyampaikan bahwa halal bi halal yang berisi ungkapan salling memaafkan, telah menjadi budaya dan tradisi bangsa Indonesia, baik yang beragama islam maupun yang beragama selain islam. Ia berharap setelah mengungkapkan kesalahan dan memaafkan kesalahan orang lain yang ditandai dengan saling bersalaman, ke depan hubungan komunikasi diantara kita akan terus semakin harmonis dan kompak.

Pada kesempatan itu pula ia menyampaikan permohonan maaf  dari segenap jajaran pengurus Yayasan Dharma Bhakti IPTEK, jika selama ini ada hal-hal yang kurang berkenan di hati  keluarga besar UTY. Ia berdo’a semoga UTY akan terus berkembang sebagimana yang dicita-citakan selama ini, serta dapat menghasilkan generasi penerus bangsa yang sukses dan berahlak mulia.