Membangun Keteladanan Disiplin, Kekeluargaan dan Kekompakan

Dosen-dosen muda UTY antusias mengikuti kegiatan outbond

Dosen-dosen muda UTY antusias mengikuti kegiatan outbond

Tahun 2017 ini Universitas Teknologi Yogyakarta menerima tenaga pendidik/dosen baru sebanyak 60 orang.  Dalam rangka membekali para dosen baru tersebut UTY menyelenggarakan outbond yang berlangsung tanggal 4-5 Agustus 2017, bertempat di Bumi Perkemahan Girikaton, Pakem Sleman Yogyakarta. Sebanyak 62 peserta yang terdiri dosen-dosen muda yang diterima UTY tahun 2017, dan beberapa dosen yang diterima UTY tahun sebelumnya, mengikuti acara tersebut.

Pelepasan peserta dari Kampus 1 UTY dilakukan oleh Drs. H. Iskandar Abdurrahman selaku Ketua Pembina Yayasan Dharma Bhakti Iptek yang selama ini menaungi UTY. Dalam kata sambutannya Iskandar Abdurrahman menyampaikan bahwa mendidik mahasiswa tidak hanya sebatas membekali kompetensi akademik saja. Namun tidak kalah penting adalah membekali kedisiplinan, daya juang dan ahlak mulia. Untuk itu UTY sengaja memilih instruktur yang sudah teruji memiliki kemampuan dalam membentuk kepribadian unggul yang disiplin, memiliki daya juang dan jiwa nasionalisme tinggi, serta berahlak mulia.

Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM., Akt., CA memberikan sambutan pembukaan outbond

Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM., Akt., CA memberikan sambutan pembukaan outbond

Sementara Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM., Akt, CA saat membuka kegiatan outbond tersebut menyampaikan bahwa  UTY berkomitmen tinggi untuk mendidik mahasiswa menjadi lulusan-lulusan yang memiliki kompetensi tinggi sekaligus memiliki karakter yang unggul, terutama dalam kedisiplinan. Untuk itu ia meminta para dosen untuk sepenuhnya mendukung komitmen tersebut, dengan lebih dulu memberi keteladanan dalam kedisiplinan dalam memberikan layanan prima kepada mahasiswa. “Untuk dapat mendisiplinkan dan membangun karakter unggul mahasiswa, maka dosennya harus lebih dulu disiplin dan berkarakter unggul” kata Bambang Moertono.   

Selain itu Bambang Moertono  mengajak kepada dosen-dosen muda UTY untuk selalu mengedepankan kekompakan, kekeluargaan, dan keakraban, yang dilandasi kebanggaan yang tinggi terhadap UTY. ”Tanggalkan semua jabatan, latar belakang pendidikan, dan predikat-predikat lain selama mengikuti outbond” pinta Bambang Moertono. Ia menyampaikan bahwa outbond kali ini merupakan batch kedua. Batch pertama telah dilakukan tahun 2012 lalu di Markas Group 2 Kopassus Kartasura. Dalam waktu dekat outbond serupa juga akan diselenggarakan bagi tenaga kependidikan / karyawan dan security, tambahnya.

Peserta outbond tetap bersemanagat tinggi, meski kondisi pakaian 'berlumpur

Peserta outbond tetap bersemanagat tinggi, meski kondisi pakaian 'berlumpur

Sedangkan penyerahan peserta kepada instruktur dilakukan oleh Ketua Panitia Outbond Bahagia Targan, SE, MSi, Akt, CPA yang juga merupakan Wakil Rektor Bidang Keuangan dan SDM UTY. Dalam kesempatan itu ia menyampaikan bahwa outbond ini merupakan keseriusan UTY dalam membangun karakter unggul. Untuk itu ia berharap para peserta untuk bisa mengaplikasikan hasil outbond ini melalui sikap dan perbuatan sebagai dosen yang disiplin, berkualitas, berkarakter unggul, menghargai dan menghormati sesama keluarga besar UTY, terutama kepada mahasiswa.   

Peserta turun tebing dengan ketinggian lebih dari 50 meter

Peserta turun tebing dengan ketinggian lebih dari 50 meter

Selama dua hari dan satu malam para peserta digembleng oleh instruktur. Para peserta bukan hanya sekedar diberikan latihan fisik dan baris-berbaris saja. Namun mereka ditempa secara mental untuk selalu memiliki motivasi kerja tinggi, disiplin, menejemen waktu, bekerja secara berkualitas, meninggalkan jauh-jauh rasa malas, menjaga kekompakan dan kekeluargaan dalam bekerja, rasa bangga dan memiliki terhadap lembaga, serta ketahanan kerja yang baik. Beberapa kegiatan dalam outbond tersebut diantaranya senam konsentrasi, baris berbaris, yel-yel, pemutaran film kejuangan, jurit malam, dan turun tebing ketinggian lebih dari 50 meter.  Semua peserta terlihat antusias dalam mengikuti seluruh kegiatan outbond tersebut.

Kompi kalah lomba, berendam di kali, disaksikan Kompi pemenang dari tepi sungai

Kompi kalah lomba, berendam di kali, disaksikan Kompi pemenang dari tepi sungai

Di akhir kegiatan, dilakukan lomba antar kompi, dengan materi baris berbaris, dan yel-yel. Adapun kriteria/aspek yang dinilai terdiri kekompakan gerakan, semangat, dan suara. Kompi pemenang diberikan hadiah, sedangkan kompi yang kalah, diberikan ‘hukuman’ berendam di sungai yang ada di tepi tempat latihan.  

Meskipun sangat melelahkan, usai penutupan acara outbond tersebut semua peserta mengungkapkan sangat puas dan sangat terkesan dengan kegiatan tersebut. Bahkan mereka berharap di waktu mendatang akan diselenggarakan kegiatan serupa bagi mereka.