Pamitan Haji Rektor UTY

Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM., Akt., CA didampingi Ketua Pembina Yayaysan Dharma Bhakti IPTEK Drs. H Iskandar Abdurrahman bersalaman dengan dosen dan karyawan UTY, untuk berpamitan Menunauikan Ibadah Haji 1348 H

Bertempat di Masjid Besar Kampus 1 Universitas Teknologi “Yogyakarta” (UTY), hari Jum’at 11 Agustus 2017 diselenggarakan acara “Pamitan Haji”, atas rencana keberangkatan Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM., Akt, CA dan istri ke  tanah suci guna menunaikan ibadah haji. Acara tersebut dihadiri seluruh keluarga besar UTY mulai dari Pengurus Yayasan, Rektorat, Dekanat, Tenaga Pendidik/Dosen dan Tenaga Kependidikan/Karyawan di lingkungan UTY.

Ketua Pembina Yayasan Dharma Bhakti IPTEK Drs. Iskandar Abdurrahman memberikan sambutan pada acara  Pamitan Haji Rektor UTY

Ketua Pembina Yayasan Dharma Bhakti IPTEK Drs. H. Iskandar Abdurrahman memberikan sambutan pada acara Pamitan Haji Rektor UTY

Dalam kata sambutannya Ketua Pembina Yayasan Dharma Bhakti IPTEK, Drs. H Iskandar Abdurrahman menyampaikan bahwa haji merupakan kewajiban umat islam khususnya bagi yang mampu, baik secara fisik maupun finansial.  Dalam sambutannya, ia menyampaikan satu Riwayat yang disampaikan Aisyah RA, bahwa Rasululloh bersabda bahwa haji mabrur adalah jihad. Dan haji yang mabrur tidak ada balasan baginya, melainkan Surga.

Untuk itu Iskandar Abdurrahman menitip pesan untuk dido’akan di tanah suci, agar seluruh keluarga besar UTY khususnya yang belum berhaji dapat segera menunaikan ibadah haji. Dan bagi yang sudah haji bisa menunaikan ibadah umrah. Ia juga pesan do’a untuk kejayaan dan keberkahan UTY.

Menurutnya, banyak orang yang sebenarnya mampu untuk menunaikan ibadah haji. Namun belum melakukannya karena kesadarannya yang masih kurang, dan hatinya belum terketuk untuk segera menunaikan ibadah haji.  Untuk itu ia menyambut baik keberangkatan Dr. Bambang Moertono beserta istri tersebut. Iapun mendo’akan semoga Dr. Bambang Moertono beserta istri dapat menunaikan semua rukun haji, baik yang wajib maupun sunah, dengan sempurna tiada halangan dan kesulitan apapun.    

Dalam kesempatan itu, Bambang Moertono berpamitan kepada keluarga besar UTY. Iapun meminta maaf kepada seluruh keluarga besar UTY apabila selama ini telah melakukan banyak kesalahan baik dalam tingkah laku maupun perkataan. Tidak lupa, Bambang Moertono  minta didoa’akan agar selama menjalankan ibadah haji ia dan istri mendapatkan kemudahan, kelancaran, dan selalu sehat.

Dr. H Adnan Zaid, MSc memebrikan tausiah Pamitan Haji Rektor UTY

Sedangkan tausiah pamitan haji disampaikan oleh Dr. H. Adnan Zaid, MSc.  Dalam tausiahnya  ia menyampaikan berbagai contoh orang-orang yang diberikan kemudahan dan kelancaran, serta orang-orang yang mengalami banyak kendala saat berhaji.  Namun dari kesemuanya itu ia menekankan arti pentingnya keihlasan, rendah hati dan suka menolong.  Sebaliknya ia berpesan untuk membuang kesombongan sejauh-jauhnya selama berhaji.  “Alloh sangat tidak suka dengan orang sombong. Sehingga banyak cobaan bagi jamaah yang melakukan kesombongan, meskipun sepertinya hanya kesombongan dalam hati” kata Adnan Zaid. Iapun mendo’akan semoga Dr Bambang Moertono beserta istri menjadi haji mabrur. Lebih lanjut ia menuturkan bahwa ukuran kemabruran haji dilihat setelah pulang haji. Apakah ibadahnya dan perilaku sehari-hari semakin baik atau tidak, ungkapnya.