Tasyakuran Akreditasi A, Program Studi Arsitektur

Hestin Mulyandari, ST. ,MT menerima potongan tumpeng dariRektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM., Akt, CA, didampingi Dekan Fakultas Sains dan teknologi dan Para Wakil Rektor

Terhitung 6 Juni 2017 Program Studi Arsitektur Uiversitas Teknologi Yogyakarta (UTY) resmi menyandang Akreditasi A, sebagaimana tertuang dalam SK BAN-PT Nomor 1783/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2017, yang diterbitkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada tanggal 6 Juni 2017. SK tersebut berlaku hingga 6 Juni 2022.

Untuk mensyukuri kebehasilan meraih Akreditasi tersebut, pada hari Senin 7 Agustus 2017 diselenggarakan acaran tasyakuran yang dihadiri Rektor UTY beserta Staff, Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Teknik, dan Kaprodi Arsitektur dan para Kaprodi di lingkungan Fakultas Teknik, segenap dosen dan karyawan yang berkantor di Kampus 2 UTY di Jalan Glagahsari  Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM., Akt, CA menyampaikan selamat atas keberhasilan Prodi Arsitektur meraih Akreditasi A. Ia berharap keberhasilan tersebut dapat memacu prodi-prodi lainnya untuk mengikuti jejak Prodi Arsitektur dalam upaya meningkatkan peringkat akreditasinya. Lebih lanjut ia meminta, jajaran Prodi Arsitektur tidak berhenti dan puas dengan raihan akreditasi A tersebut. “Setelah sukses meraih pengakuan dari dari BAN PT berupa akreditasi, selanjutnya upayakan bisa memperoleh pengakuan dari lembaga internasional” pinta Bambang Moertono.  Raihan akreditasi A berarti secara akademik telah diakui memiliki keunggulan. Untuk itu ia mengajak jajaran prodi Arsitektur untuk dapat mengaktualisasikan keunggulan akademik tersebut dalam wujud karya nyata di masyarakat, dengan mendirikan Biro Arsitektur. Hal serupa juga bisa dilakukan oleh Prodi Teknik Sipil UTY. Menurutnya kehadiran biro tersebut dapat menjadi ajang aktualisasi diri, dari dosen dan mahasiswa Arsitektur dan Teknik Sipil UTY.

Raihan akreditasi A tersebut juga disambut sangat positif oleh mahasiswa. Mewakili mahasiswa-mahasiswi Prodi Arsitektur UTY, Ardini Zulfa menyampaikan bahwa raihan Akreditasi A ini berdampak sangat positif bagi mahasiswa. Selain akan mempermudah perolehan pekerjaan setelah menyelesaikan studi, mahasiswa juga menjadi lebih percaya diri untuk bergabung dengan organisasi di luar kampus, dan lebih percaya diri manakala mahasiswa berupaya meningkatkan kompetensi diri dengan raih akmengikuti berbagai kompetisi baik di tingkat regional, nasional maupun internasional.