Mahasiswa UTY Ajak Native Speaker dari Australia ke Sekolah

David Rawson sedang bicara menyampaikan materi di hadapan Siswa-siswi MAN 3 Yogyakarta

Proses pembelajaran bahasa Inggris di Madrasah Aliyah Negeri 3 Yogyakarta tanggal 24 Agustus 2017, yang diampu oleh Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) yang sedang menjalankan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) menjadi sangat istimewa. Pasalnya, tiga mahasiswa PPL PBI UTY, Siti Nurline, Dian Harumsari, dan Rizky Lambang Hermawan mengajak Mr. David Rawson seorang Perwira Militer Australia yang sedang menyelesaikan tugas belajar di Program Doktor (S3) Ilmu-ilmu Humaniora UGM. Di MAN 3 Yogyakarta David Rawson berperan sebagai native speaker, untuk mengajar dan sharing dengan siswa-siswa, di sela-sela kegiatan Praktik Lapangan ketiga mahasiswa UTY tersebut.

Saat itu, David Rawson, mengajak para siswa-siswi berdiskusi tentang keragaman dalam berbagai aspek, seperti budaya, agama, dan kondisi sosial lainnya. David Rawson, memulai diskusi dengan mendeskripsikan Australia dan penduduknya. Kemudian mengkaitkan pemahaman tersebut dalam konteks dan pengalamannya menimba ilmu dan berkarya selama ini. Selanjutnya dia bercerita tentang beberapa keragaman budaya yang dapat ditemukan di Indonesia ataupun Australia.

Siswa-i MAN 3 Yogyakarta, foto bersama David Rawson dan Mahasiswa UTY yang PPL di MAN 3 YKsisw

Pembahasan tema tersebut mendapat sambutan yang sangat antusias dari siswa-siswi MAN 3. Merupakan sesuatu yang sangat bernilai bagi mereka bisa mendengar dan berdiskusi dengan penutur asli dari luar negeri yang sehari-harinya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasinya, ungkap beberapa siswa MAN 3 Yogyakarta. Sebanyak 65 siswa mengikuti sharing session tersebut. Dalam kesempatan tersebut para siswa antusias berdiskusi dan mengajukan pertanyaan. Berbagai pertanyaan menggelitik mereka ajukan ke Mr Dave. Meskipun alokasi waktu pada sesi tanya-jawab telah habis, namun masih saja ada beberapa peserta yang begitu terus berusaha bertanya, sekaligus mengasah kemampuan berbahasa Inggrisnya.

Indarti Puji Astuti, M.Pd. selaku Guru Pamong mahasiswa PPL PBI UTY mengatakan “baru kali ini ada mahasiswa PPL di MAN 3 Yogyakarta yang berhasil mendatangkan Native Speaker selama kegiatan PPL berlangsung”. Menurutnya kehadiran native speaker ini merupakan hal yang sangat bermanfaat dan sangat luar biasa. Untuk itu ia mengucapkan terima kasih kepada para mahasiswa PPL PBI UTY yang telah berupaya sebaik mungkin untuk mendatangkan Native Speaker.

Di tempat terpisah, Suryo Sudiro, S.S., M.Hum., selaku Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Pendidikan UTY menyampaikan bahwa dengan diadakannya special meeting dengan mendatangkan native speaker dari Australia tersebut, diharapkan para siswa-siswi untuk lebih memahami dan mempelajari bahasa Inggris secara langsung dalam tataran komunikasi, Bahasa, maupun Budaya dari penutur yang berasal dari daerah yang kesehariannya menggunakan bahasa Inggris.

Demikian pula, Dr. Mustaqim Pabbajah, M.A., Dekan Fakultas Pendidikan UTY, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Kaprodi PBI, Mahasiswa PPL dan pihak MAN 3 Yogyakarta atas kerjasama yang telah dibangun dengan baik demi mewujudkan generasi muda yang lebih baik. Dengan mendatangkan native speaker ke sekolah, diharapkan para siswa terinspirasi dan termotivasi untuk belajar bahasa Inggris dan tentunya memberikan value tersendiri di sekolah.