Memahami Behavioral Accounting, dengan Pendekatan Sistem Dinamik

Athor Subroto, PhD menyampaikan materi workshop di UTY

Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) telah lama menjalin kerjasama yang baik dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Yogyakarta. Berbagai kegiatan telah diselenggarakan atas kerjasama antara UTY dengan IAI Wilayah Yogyakarta tersebut. Salah satunya adalah acara Workshop Pendidikan Profesional Berkelanjutan bertajuk “Memahami Behavioral Accounting, dengan Pendekatan Sistem Dinamik”. Acara tersebut berlangsung di Kampus 1 UTY tanggal 30 Agustus 2017, dengan narasumber Athor Subroto, PhD Kaprodi Manajemen FEB UI. Workshop tersebut diikuti oleh para praktisi bisnis, para akuntan yang berprofesi sebagai akuntan publik, dan para akademisi.

Dalam paparannya Athor mengungkapkan bahwa permasalahan dalam bidang bisnis dan sosial terus mengalami perkembangan yang sangat kompleks akhir-akhir ini. Sehingga diperlukan cara khusus untuk menganalisis permasalahan secara komprehensif. Lebih lanjut Athor menyampaikan bahwa system dynamics merupakan suatu metodologi untuk mempelajari dan mengelola sistem-sistem umpan-balik yang kompleks.

Menurutnya, saat ini banyak pihak telah mengaplikasikan sistem ke berbagai macam situasi. Sedangkan kata umpan-balik menggambarkan dimana situasi/faktor X dapat mempengaruhi Y, dan pada giliran selanjutnya Y dapat mempengaruhi X. Pengaruh ini terjadi melalui serangkaian rantai hubungan sebab-akibat, jelasnya.

Ia memaparkan, dari umpan balik tersebut seseorang tidak dapat  mempelajari hubungan antara X dan Y, dan hubungan antara Y dan X  secara terpisah, untuk memprediksi bagaimana sistem itu berperilaku. Oleh karena itu, maka pemahaman yang benar terhadap sistem dapat diperoleh dengan melihat hubungan yang saling terkait antara satu dengan yang lain secara keseluruhan dan tidak dipisah-pisahkan, jelasnya.

Dalam kesempatan itu pula, ia menerangkan bahwa yang membedakan antara pendekatan system dynamics dengan pendekatan sistem yang lainnya adalah adanya komponen  yang dinyatakan dalam konsep stock (stok) dan flow (aliran), yakni yang menerangkan bahwa komponen sistem itu ada yang bersifat akumulasi yaitu stock dan ada juga yang bersifat mengalir yaitu flow.  Dengan konsep stok ini juga akan muncul konsep delay, dan nonlinearity. “Konsep feedback, stock dan flow, delay, dan nonlinearity, merupakan dasar pikiran (premise) tentang pola keterkaitan antar komponen yang digunakan dalam pemodelan system dynamics” kata Athor Subroto.

Selama satu hari penuh, peserta workshop tersebut diberi materi Introduction System Dynamics, Case Group Model Building : Causal Loop Diagraming, Case Group Model building : Stock and Flow Diagraming, dan Model Communication and Wrap Up.

Bahagia Tarigan, SE, MSi Akt, CPA Wakil Rektor Bidang Keuangan dan SDM UTY memberikan sambutan

Dalam sambutannya Bahagia Tarigan, SE., MSi, Akt, CPA Wakil Rektor Bidang Keuangan dan SDM UTY menyampaikan ungkapan terima kasihnya kepada IAI yang selama ini telah bekerjasama dengan UTY. Ia berharap apa yang disampaikan dalam workshop kali ini dapat bermafaat bagi peserta, institusi tempat para peserta bekerja dan mahasiswa khususnya bagi yang berasal dari akademisi.  Iapun berharap kerjasama yang sudah sangat baik dengan IAI ini akan terus terlaksana dengan lebih baik lagi di masa-masa mendatang.

Sementara itu Lita Kusumasari, SE, MSA., Akt. mewakili Pengurus IAI Wilayah Yogyakarta menyampaikan terima kasihnya kepada UTY yang selama ini telah banyak mendukung IAI Wilayah Yogyakarta. Dalam kesempatan itu pula Lita menyampaikan bahwa saat ini kompetensi sangat dibutuhkan bagi seseorang. Menurutnya ijazah akan sangat kurang berarti jika tidak diikuti oleh kompetensi. Oleh karena itu ia berharap workshop ini dapat memberikan pencerahan bagi peserta. Sedangkan khusus bagi peserta yang berasal dari akademisi, diharapkan dapat menularkan materi workshop tersebut kepada mahasiswa.