Dies Natalis ke 15 UTY, Ziarah ke Makam Para Pendahulu

Ketua Dewan Pembina YDB IPTEK , didampingi Rektor UTY menabur bunga di makam Alm Dr. Ir. Sunarto Gunadi, DEA

Dalam rangka memperingati 15 tahun bergabungnya tiga perguruan tinggi, yakni STIE Yogyakarta, Akademi Bahasa Asing Yogyakarta, dan STMIK Dharma Bangsa menjadi Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) pada tahun 2002 lalu, UTY menyelenggarakan serangkaian acara yang dikemas dalam peringatan Dies Natalis 15 UTY. Salah satunya adalah ziarah ke makam para pendahulu UTY yaitu orang-orang yang telah berjasa pada UTY, mulai dari para pendiri, para pengelola (Direktur/Rektor) dan dosen yang telah wafat.

Ustadz Tauhid Marzuki, SAg memimpin do'a di makam Alm Drs. Bambang Pamudji, Akt

Kegiatan ziarah yang diselenggarakan hari Minggu 22 Oktober 2017 tersebut, dilakukan dengan menziarahi makam almarhum Prof. H. Bambang Hartadi, PHd, MM, Akt, CPA (mantan Rektor UTY), Dr. Ir. H. Sunarto Gunadi DEA (mantan Rektor UTY), Drs. Bambang Pamudji, Akt (Mantan Direktur AAYO), Drs. Martono S (Mantan Pengurus Yayasan),  Drs. Bambang Poerwoko (mantan Pengurus Yayasan),  Drs. Daldiri (mantan Dosen UTY) dan Drs. Albertus Suwardi (mantan dosen UTY). 

Adapun keluarga besar UTY yang melakukan ziarah terdiri Para Pengurus Yayasan Dharma Bhakti IPTEK (YDB IPTEK) yang menaungi UTY selama ini, Rektor UTY, para Wakil Rektor UTY, para Dekan dan para Kaprodi dan beberapa karyawan. Kehadiran mereka di setiap makam adalah untuk memanjatkan do’a dan tabur bunga, dengan didahului membaca kalimah toyyibah. Suasana khidmat terlihat di raut keluarga besar UTY saat memanjatkan do’a pada acara ziarah tersebut.  

Ketua Yayasan Dharma Bhakti IPTEK melakukan tabur bunga di makam Alm Drs. Martono Suryodiningrat

Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM, Akt, CA mengatakan bahwa kegiatan ziarah tersebut merupakan bentuk penghormatan keluarga besar UTY kepada mereka yang yang telah berjasa kepada UTY. Selain itu juga merupakan wujud bahwa keluarga besar UTY tidak melupakan sejarah, ungkapnya.

Ziarah di makam Alm Prof. Bambang Hartadi, PhD, MM, CPA

Mengingat jasa para pendahulu, Bambang Moertono mengajak seluruh keluarga besar UTY dapat meneladani langkah perjuangan para mereka yang telah berhasil mendirikan, berjuang dan mengembangkan UTY mulai dari awal dulu. Tanpa mereka, tentunya UTY tidak bisa seperti yang ada saat ini, ungkapnya.   Ia menyampaikan bahwa kegiatan ziarah seperti ini, akan dilakukan rutin setiap tahun pada saat peringatan Dies Natalis UTY.