Prodi Hubungan International UTY Gelar Workshop Academic Writing

Puguh Toko Arisanto, S.I.P, MA memaparkan Materi,

Selasa (10/10), Program Studi Hubungan Internasional (HI) Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) menggelar workshop Academic Writing, yang diperuntukkan bagi mahasiswa Prodi HI UTY di Kampus 1 UTY. Workshop ini dimaksudkan untuk memberikan pengarahan dan bimbingan agar mahasiswa dapat menulis dengan baik dan benar dalam proses pembelajaran baik di dalam maupun di luar kampus. Selain itu juga dimaksudkan untuk memberikan panduan kepada mahasiswa agar dapat produktif menulis dan mempublikasikannya ke berbagai media ilmiah.

Workshop tersebut diisi oleh tiga dosen Prodi HI UTY yakni Hidayat Chusnul Chotimah, S.I.A., M.A., Puguh Toko Arisanto, S.I.P., M.A. dan Tiffany Setyo Pratiwi, S.I.P., M.A. Teknik-teknik penulisan dijabarkan dengan sangat detail diberikan oleh ketiga narasumber tersebut, mulai penulisan judul, abstrak, kutipan, sampai daftar pustaka. Sehingga sangat membantu memecahkan kesulitan mahasiswa khususnya yang belum memiliki pengalaman menulis penulisan ilmiah.

Mahasiswa HI UTY antusias mengikuti paparan para pemateri yang memaparkannya secara begantian

Dalam paparannya Puguh Arisanto menyampaikan, dengan menulis berarti seseorang telah belajar tentang keterampilan membaca. Karena sebelum menulis karya ilmiah, pastilah seseorang telah membaca banyak referensi. Menggabungkan hasil bacaan dari berbagai sumber, mengambil sarinya, dan menjadikan sebuah karya tulisan  memerlukan ketrampilan dan keberanian tersendiri.  Untuk itu ia mengajak para mahasiswa untuk berani mencoba menulis karya ilmiah, karena kemanfaatannya sangat tinggi.  Selain memperoleh kepuasan intelektual, CV berisi pengalaman menulis karya ilmiah mempunyai bobot nilai sangat tinggi,  terutama jika mahasiswa / lulusan akan menjalani seleksi studi lanjut ke luar negeri, kata Puguh Arisanto

Sementara itu Tiffany Setyo menyampaikan bahwa hilangnya semangat seringkali menghambat konsistensi penulisan sehingga membutuhkan tips yang membangun. Tidak hanya itu, pengembangan ide pun membutuhkan strategi yang efektif. “Pemetaan penulisan sangat membantu untuk mempermudah alur penulisan sehingga penulis dapat mengikuti kerangka berpikir yang sejak awal sudah dipetakan,” ungkapnya.

Sedangkan Hidayat Chusnul menyatakan, bahwa masing-masing penulis harus memiliki motivasi untuk melakukan penulisan. Motivasi ini bisa di dapat dari berbagai aspek seperti menulis tentang hobi, keinginan mendapatkan tambahan finansial dan lainnya. Tentu saja, giat berlatih dan membaca akan meningkatkan kemampuan serta referensi yang memperkaya ide penulisan.Puguh Toko mengungkapkan bahwa kemampuan berbahasa Inggris adalah salah satu kunci yang sangat penting untuk dapat menghasilkan tulisan yang dipublish ke jurnal internasional.

Dalam workshop tersebut juga dilaksanakan praktek menulis, agar mahasiswa dapat langsung termotivasi untuk menulis. Praktek penulisan ini sangat membantu proses pembelajaran secara langsung. Kedepannya, workshop yang menunjang kemampuan mahasiswa akan terus dilaksanakan demi menciptakan mahasiswa berprestasi, ungkap Hidayat Chusnul.