Sustainable Science for Future Industry

Guna memberikan wawasan kepada mahasiswa tentang issue terkini, di bidang teknologi dan industri, Program Studi Teknik Industri

Pembicara foto bersama beberapa dosen Prodi Teknik Industri UTY

Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) menyelenggarakan studium generale teknologi. Studium generale yang diselenggarakan di Kampus 2 UTY tanggal 10/10/2017 tersebut mengangkat tema “ Sustainable Science for Future Industry”, dengan menghadirkan narasumber Prof. Dr. Ir. Senator Nur Bahagia dosen Teknik Industri Institut Teknologi Bandung.  Sebanyak 130 mahasiswa mengikuti acara tersebut.

Mahasiswa Prodi Teknik Industri UTY menyimak paparan Prof. Dr. Ir. Senator Nur Bahagia

Dalam paparannya, Prof. Senator menyampaikan bahwa dalam dunia industri, saat ini telah masuk  pada era revolusi industry atau dikenal dengan industri 4.0.  “Pada era ini semuanya berdasar pada cyber physical production system atau disebut dengan era digital” kata Prof Senator. Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa pada era ini dan ke depan nanti, sebuah pabrik dimungkinkan menjadi industri pintar dengan mesin-mesin dan robot yang berintegrasi, dan mampu menjalankan tugas-tugas rumit, bertukar informasi, saling memberi dan menrima perintan secara otomatis, tanpa melibatkan banyak manusia. Semua perangkat teknologi dilengkapi sensor yang mampu berkomunikasi sendiri dengan sistem teknologi informasi.

Pada era ini pula faktor lingkungan juga menjadi issue yang terus berkembang. Kemajuan teknologi digital selanjutnya dipadukan dengan industri yang ramah lingkungan konsep Smart dan Green Industry.  Begitu pula  kemajuan teknologi harus diikuti dengan proses recyle yang tepat. “Green Industry dilakukan sebagai wujud nyata kepedulian kita terhadap lingkungan saat ini.

Ketua Program Studi Teknik Industri Ferida Yuamita, ST., M.Sc. menyampaikan bahwa sarjana teknik industry kini dituntu t trampil dan mampu mengikuti perkembangan teknologi dan pengolahan waste hasil produksi. Sehingga ia akan terus berupaya membekelali mahasiswa dengan pengetahuan tentang teknologi terini, diantaranya dengan seminar, studium generale, dosen tamu, kunjungan industri dan sejenisnya.