Tung Desem Waringin di UTY : Menjadi Sukses, Genius dan Terbaik

Mahasiswa Baru UTY penuh antusias mengikuti arahan motivator Nasional Tung Desem Waringin

“Setiap orang bisa menjadi sukses, menjadi genius, dan menjadi yang terbaik” kata Tung Desem Waringin dalam acara kuliah perdana Mahasiswa Baru Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) Tahun Angkatan 2017/2018 , Senin 11 September 2017.

Dengan penuh semangat dan gaya yang khas, Tung Desem memompa semangat dan meyakinkan para Mahasiswa Baru UTY tersebut. Dalam kesempatan itu ia menyampaikan tips-tips untuk menjadi sukses, jenius, menjadi yang terbaik. Ia menceritakan, saat awal sekolah di SMA, dirinya tidak termasuk siswa yang yang pintar. Bahkan sering mendapat nilai rendah. Namun karena ia belajar – bagaimana cara belajar yang tepat, maka dengan usaha kerasnya ia bisa menjadi lulusan terbaik di SMA tersebut. Begitu pula saat kuliah, iapun bisa lulus dengan predikat terbaik, dengan mengaantongi banyak penghargaan dari berbagai kompetisi yang diikutinya.

Dengan gaya yang khas dan berapi-api, Tung Desem Waringin memompa semangat Mahasiswa Baru UTY untuk menjadi pribadi yang sukses, terbaik, dan genius

Secara detail dan sangat menarik ia menjelaskan bagaimana bisa sukses. Kunci utamanya adalah semangat. Ia menyarankan para mahasiswa untuk bisa aktif berorganisasi di kampus, dan bergaul dengan orang-orang yang baik dan bisa mendorong kesuksesan. “Hati-hati dalam bergaul. Jika kita bergaul dengan orang yang negatif, kita akan tertular negatif” kata Tung Desem. Untuk membangun semangat, ia mengajak mahasiswa untuk banyak gerak. “Buanglah rasa malas, suka menunda, dan kurang inisiatif” pintanya.

Sedangkan untuk menjadi genius dengan perolehan nilai IPK yang tinggi, menurutnya pertama harus tahu bagaimana cara belajar. Ia mencontohkan bagaimana membuat singkatan-singkatan untuk mempermudah menghafal. Begitu pula meletakkan materi-materi ilmiah, dengan personifikasi bagian-bagian tubuh agar mudah dihapal. Kedua, belajar duluan sebelum kuliah, sehingga saat kuliah tinggal memahami di kelas. Ketiga aktif mengikuti berbagai lomba, baik yang bersifat akademik, maupun non akademik. Dengan ketiga jurus ini ia yakin,  mahasiswa akan dipersepsikan oleh dosen sebagai mahasiswa yang pintar, jelasnya.

Tung Desem Waringin memberikan beberapa tips untuk menjadi sukses, terbaik dan genius kepada Mahasiswa Baru UTY

Sedangkan untuk menjadi yang terbaik, Tung Desem menyampaikan seseorang haruis punya goal yang jelas, dan punya alasan yang kuat untuk merealisasikannya. Utamanya alasan untuk membahagiakan orang tua, dan orang-orang yang dicintai. Menurutnya goal yang baik harus mempunyai empat kriteria, yakni  spesifik, dituangkan dalam tulisan, bersifat positif dan menarik.

Selama dua jam pemberian materi tersebut, para mahasiswa mengikuti dengan sangat antusias. Termasuk pola yang diterapkan Tung Desem dengan mengajak mahasiswa untuk banyak bergerak mulai loncat-loncat, bertepuk tangan, senam dan menghafal dengan cepat. Beberpa mahasiswa mengungkapkan bahwa acara ersebut sangat istimewa, karena selama di SLTA belum pernah mengikuti acara motivasi yang se akbar kali ini.