UTY Kirimkan Delegasi ke Konvensi AIHII VIII

Anggota IPHII Usai Konvensi VIII

Dalam upaya menjalankan misi peningkatan mutu dan kualitas Program Studi Hubungan Internasional (HI) Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), UTY ikut berpartisipasi dalam Konvensi Nasional Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII) ke VIII yang diselenggarakan di Universitas Mulawarman Samarinda.  Pada konvensi tersebut UTY mengirimkan delegasi, Ketua Prodi HI, Andi Amitya Resty Dwiyanti, S.I.P., M.I.R. untuk mengikuti acara yang berlangsung pada tanggal 9 sampai 13 Oktober 2017 lalu.

Usai mengikuti konvensi yang mengangkat tema “Membangun Wilayah Perbatasan Indonesia Dalam Perspektif Hubungan Internasional”, tersebut Andi Amitya mengatakan bahwa wawasan tentang kawasan perbatasan antar negara merupakan hal penting bagi dosen dan mahasiswa HI Indonesia, mengingat luasnya wilayah Indonesia. Menurutnya perbatasan negara merupakan “teras” sebuah negara sehingga menuntut pemikiran serius dari semua komponen bangsa.

Andi Amitya Resty Dwiyanti, S.I.P., M.I.R.

Bersamaan dengan keikutsertaan pada konvensi yang diikuti oleh 43 Prodi Hubungan Internasional dari seluruh Indonesia tersebut, secara resmi Prodi HI UTY bergabung dalam Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII). Hal ini akan memperluas jaringan / networking yang dimiliki Prodi HI UTY, yakni jaringan dengan perguruan tinggi-perguruan tinggi penyelenggara Prodi HI di Indonesia. Menurut Andi Amitya, Bergabungnya dengan asosiasi tersebut akan sangat bermanfaat dalam pengembangan wawasan, komunikasi, dan peningkatan keilmuan HI. Selain itu juga sangat bermanfaat dalam mendukung kegiatan-kegiatan prodi HI UTY, yang dapat berdampak pada kemajuan kualitas pendidikan. Meskipun baru memasuki tahun kedua, Prodi HI UTY sangat optimis untuk dapat menghasilkan mahasiswa-mahasiswa berprestasi baik dalam lingkup nasional maupun internasional. Prodi HI UTY juga siap melakukan kerjasama dengan berbagai pihak demi berkontribusi memajukan bidang keilmuan Hubungan Internasional di Indonesia, ungkap Andi Amitya.

Andi Amitya menyampaikan bahwa konvensi AIHII  VIII kali ini memiliki serangkaian acara, diantaranya seminar nasional yang mengangkat tema permasalahan wilayah perbatasan, dan sidang-sidang akademik yang terdiri dari beberapa forum dengan fokus kajian yang meliputi kajian ekonomi politik, diplomasi, kapita selekta, theoritical research, politik hukum, dan keamanan.  Dalam kesempatan itu Andi Amitya mengikuti forum ekonomi politik yang membahas masalah-masalah dan solusi terkait permasalahan ekonomi yang dihadapi oleh kawasan perbatasan melalui perspektif hubungan internasional. Ia menyampaikan bahwa forum tersebut berlangsung sangat interaktif, sehingga penyaji dan para peserta dapat membedah permasalah secara mendalam dan mendapatkan solusi yang tepat untuk penanganannya. Dalam kegiatan ini juga terdapat sidang organisasi yang membahas mengenai asosiasi AIHII terkait dengan program yang telah dijalankan dan direncanakan kedepan serta pemilihan Ketua Asosiasi yang baru.