Seminar Hasil Penelitian Dosen-dosen UTY

Donny Avianto, MT sedang mempresentasikan hasil penelitiannya

Untuk mengomunikasikan hasil-hasil penelitian para dosen, Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY)  menyelenggarakan Seminar Hasil Penelitian di Kampus 1 UTY, Sabtu (9/12/2017).

Hasil penelitian yang diseminarkan mencakup bidang psikologi, arsitektur, budaya, bisnis dan teknologi. Seminar tersebut dihadiri dua reviewer tingkat nasional untuk memberikan saran dan masukan, yakni Dr. Dadan Rosana, M.Si  dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)  dan Dr. Suyanta, M.Si  Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UNY. Pada kesempatan tersebut Dr. Dadan Rosana menyatakan bahwa segala bentuk penelitian sangat bermanfaat bagi masyarakat luas, salah satunya dengan adanya unsur kebaruan (research novelty). Sehingga memberikan kontribusi yang lebih nyata dalam peningkatan kualitas kehidupan” ungkapnya.

Penelitian bidang psikologi yang dipresentasikan berjudul “Pengaruh Implementasi Terapi Disleksia Berbasis Android dan Terapi Disleksia Verbal Ditinjau dari Prespektif Biopsikologi Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca pada Anak Disleksia.” Penelitian karya Sri Respati Andamari, M.Si., Psi dan Ulfa Amalia, S.Psi., M.A dosen Psikologi UTY tersebut membahas tentang penggunaan teknologi terkini yang mudah dijangkau oleh masyarakat, untuk memperlancar proses belajar mengajar bagi anak-anak yang mengalami hambatan belajar. Penelitian dalam bidang ekonomi disajikan oleh Sekar Akrom Faradisa, M.Si dan Drs. Suyanto, M.M., Akt dengan judul “Pengujian Fraud Diamond Untuk Mendeteksi Fraud Pada Laporan Keuangan.” Hasil penelitian ini sangat bermanfaat untuk memaksimalkan akurasi data keuangan sehingga mencegah terjadinya kecurangan.

Penelitian dengan mengambil unsur budaya lokal dilakukan oleh Endah Tisnawati, M.T. Penelitian dan M. Arief Kurniawan, S.T, M.T, dengan judul “Tipologi Masjid Kagungan Dalem di Kompleks Makam Imogiri.” Dari hasil penelitian ini, membuktikan bahwa budaya lokal masih memiliki urgensi yang menarik untuk terus dikaji, guna memperkaya pengetahuan sejarah. Menurut Tisnawati yang merupakan dosen Arsitektur UTY, kekhasan dan keunikan arsitektur bangunan bersejarah memiliki nilai yang sangat tinggi, sehingga harus dilestarikan.  Sedangkan Widi Cahya Yudhanta, M.Sc dan Dular Budi Djatmiko, S.T., MT yang juga menjadi dosen UTY melakukan penelitian ruang publik dengan mengambil judul “Pengaruh Konfigurasi Dan Visibilitas Ruang Pada Aksebilitas Studi Kasus Pada Kawasan XT-Square Yogyakarta.” Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan saran-saran dalam memaksimalkan kenyamanan dan keamaan publik, khususnya di Kawasan XT – Square Yogyakarta.

Adapun penelitian dalam bidang Teknologi Informasi yang menghasilkan kecanggihan teknologi dilakukan oleh Donny Avianto, M.T. dan Wahyu Sri Utami, S.Si., M.Sc.  Penelitian Donny dan Wahyu  berjudul “Pengenalan Pola Plat Nomor Angkutan Umum di Indonesia Menggunakan Segmentasi Warna dan Jaringan Saraf Tiruan”.  Beberapa judul penelitian Bidang IT yang turut dipresentasikan adalah Aplikasi Model Joint Economic Lot Size (JELS) dan Quantity Discount Dalam Kerjasama Antara Produsen Dan Konsumen” oleh Drs. Surya Darmawan, M.M dan Tri Widodo, S.T, M.Kom. Serta “Virtual Reality Sebagai MediaSimulasi  Desain Arsitektur” oleh Luhur Sapto Pamungkas, S.T, M.T dan Cinthyaningtyas Meytasari, S.T., M.T.

Dr. Arief Hermawan, MT Wakil Rektor Bidang Akademik UTY menyampaikan bahwa UTY sebagai salah satu perguruan tinggi yang mencanangkan untuk bisa menjadi Research University, terus mendorong dilakukannya diseminasi hasil-hasil penelitian para dosen secara rutin. Kedepannya, ia berharap kuantitas dan kualitas penelitian yang dilakukan oleh para akademisi UTY terus meningkat, terutama dengan riset-riset multidisiplin. Hal ini tentunya akan memberikan manfaat baik berupa pengembangan ilmu pengetahuan, maupun kontribusi nyata bagi masyarakat, pemerintah, dan para stakeholder.