UTY Wisuda 906 Lulusan

Seluruh wisudawan diwisuda langsung oleh Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM, Akt, CA.

Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) mewisuda 906 lulusan semester genap Tahun Akadmik 2016/2017, di Jogja Expo Center (JEC) Sabtu (25/11/2017). Para wisudawan berasal dari Program Diploma 3, Program S1 dan Pogram S2 – Magister Management.

Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM., Akt, CA, dalam sambutannya menyampaikan bahwa dunia industri saat ini bergerak menuju era Industri ke 4, yang diiringi dengan digitalisasi berbagai kegiatan ekonomi. Pada era ini pasar tenaga kerja berubah secara signifikan. Di satu sisi, era industri ke 4 membuka peluang baru bagi tenaga kerja yang memiliki kualifikasi skill, kreatif, dan trampil. Namun di sisi lain, bagi yang tidak memenuhi kualifikasi tuntutan revolusi industri ke 4 akan tersisih. Mengutip The Future of Jobs Report, World Economic Forum, Bambang Moertono menyampaikan bahwa tuntutan dan skill tenaga kerja di era Industri ke 4 adalah Complex Problem Solving, Social Skill, Process Skill, System Skill, dan Coqnitive Abilities. Oleh karena itu ia meminta para wisudawan untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuan diri agar menjadi lulusan yang hebat.   

Dalam kesempatan wisuda tersebut, Bambang Moertono menyampaikan bahwa langkah-langkah UTY dalam menyikapi perubahan tuntutan di era Industri ke 4, diantaranya dengan meng-up-date kurikulum disesuaikan dengan perkembangan masa depan, merubah pola transfer knowledge kepada mahasiswa dengan metode student centered learning, melengkapi sarana dan prasarana proses belajar mengajar yang disesuaikan dengan perubahan lingkungan dengan mengantisipasi perkembangan masa depan. Selain itu UTY juga membangun sistem informasi secara integreated, sehingga sivitas akademika UTY dapat selalu menerima informasi interaktif dengan cepat melalui program “UTY your Touch”. Sedangkan dalam meningkatkan kualitas SDM, ia meminta do’a restu para hadirin agar 13 dosen UTY yang saat ini sedang studi lanjut S3 di Malaysia, Korea, Jepang, China dan di dalam negeri, dapat segera selesai dan segera dapat kembali berkiprah mendidik mahasiswa UTY.

Dalam sambutannya pula, Bambang Moertono sangat mengapresiasi capaian prestasi-prestasi mahasiswa baik di dalam negeri maupun luar negeri. Diantaranya yang diraih beberapa bulan terakhir ini, yakni Juara I Kompetisi Internasional Arsitektur yang diselenggarakan oleh Singapore Institute of Architects dan Building and Contruction Auth ority Singapore, di bulan September 2017, yang diikuti oleh 200 tim dari berbagai negara. Juara 2 – 5 diraih oleh tim mahasiswa dari ITB, Gujarat University (India), University of Santo Thomas (Philipine) dan Anhalt University of Applied Sience (Jerman). Juara 1 dan 2 Tingkat Nasional Kompetisi Desain Masjid di kawasan perkantoran Provinsi Kalimantan Selatan, di bulan September 2017. Juara 2 Olimpiade Manajemen Nasional 2017.  Serta pada bulan Nopember 2017, menjadi Finalis pada Kompetisi Bangunan & Gedung Indonesia, yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Wakil Rektor Bidang Akademik UTY, Dr. Arief Hermawan, MT menyampaikan beasiswa studi lanjut kepada wisudawan/wisudawati dengan IPK tertinggi masing-masing Fakultas

Di akhir rangkaian acara wisuda, UTY menyampaikan penghargaan kepada wisudawan peraih IPK tertinggi masing-masing jenjang prodi dan fakultas, dengan memberikan beasiswa studi lanjut di UTY. Mereka yang memperoleh beasiswa tersebut terdiri Mita Wulandari Prodi D3 Akuntansi – Fakultas Ekonomi & Bisnis, Fino Rizki Mubarak Prodi S1 Arsitektur – Fakultas Sains dan Teknologi, Raka Imam Prasetyo Prodi D3 Bahasa Inggris – Fakultas Humaniora, Pri Budi Laksono Prodi S1 Informatika – Fakultas Teknologi Informasi & Elektro, Tati Indriani Prodi S1 Bimbingan Konseling – Fakultas Pendidikan dan Anton Suhartono dari Program Magister Management. Penyerahan Beasiswa dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik  Dr. Arief Hermawan, MT.

Drs. H. Iskandar Abdurrahman menyampaikan sambutan

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina Yayasan Dharma Bhakti IPTEK, yang menaungi UTY, Drs. H Iskandar Abdurrahman menyampaikan terima kasih atas kepercayaan para orang tua/wali wisudawan yang telah mempercayakan pendidikan putera-puterinya di UTY. Kepada para wisudawan ia berpesan untuk dapat menjadi pribadi unggul yang senantiasa bisa bekerja cerdas dan bekerja keras, kreatif, serta produktif.