Workshop “English Textbook Designing”

Dr. Widya Kiswara sedang menyampaikan materi workshop di UTY

Dalam rangka mengasah kemampuan menulis mahasiswa, Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Pendidikan Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) mengadakan  workshop bertajuk ‘English Textbook Designing’ dengan pembicara Dr Widya Kiswara, penulis buku pelajaran bahasa Inggris untuk SLTP dari penerbit Erlangga, yang banyak digunakan sebagai acuan pembelajaran bahasa Inggris tingkat SLTP di Indonesia.

Workshop yang diselenggarakan pada 6 Januari 2018 tersebut bertujuan untuk memberi bekal dan referensi kepada mahasiswa PBI UTY mengenai profesi penulis buku ajar bahasa Inggris di Indonesia. Dengan demikian, mahasiswa memiliki peluang untuk menyebarkan ilmu pengetahuan yang dimilikinya, selain berprofesi sebagai seorang guru bahasa Inggris nantinya. “Profesi sebagai penulis, juga membuat suara atau gagasan seorang guru menjadi lebih tersosialisasi dalam jangkauan yang luas”, tutur Dr. Widya Kiswara. “Sehingga idealime sabagai seorang pendidikan akan lebih terakomodir”, lanjutnya.

Suryo Sudiro, S.S.,M.Hum, Kaprodi PBI UTY menyampaikan bahwa kegiatan-kegiatan workshop dengan menghadirkan narasumber dari berbagai kalangan yang terkait dengan pendidikan bahasa Inggris, memiliki arti yang sangat penting untk memberikan masukan dan wawasan baru untuk melengkapi pengetahuan yang diberikan di kelas. “Studi Pendidikan Bahasa Inggris merupakan sebuah studi yang terkait dengan kajian bahasa Inggris yang tentu sangat harus mempertimbangkan perkembangan bahasa Inggris dan perubahan kebutuhan masyarakat” kata Suryo Sudiro. Alasan tersebut yang mendorong Prodi PBI UTY terus berupaya menggali potensi sumber daya yang dimiliki serta menimba ilmu juga dari pihak lain”, demi kepentingan pengembangan.

Ia menyampaikan bahwa ke depan Prodi PBI UTY akan selalu mengadakan kegiatan-kegiatan di luar kuliah yang mendukung peningkatan diri mahasiswa, dengan mempertimbangkan manfaatnya bagi mahasiswa. Terutama peningkatan kualitas pada diri mahasiswa. Kualitas mahasiswa tersebut, juga menjadi salah satu ukuran keberhasilan pendidikan dan kemajuan institusi, tambah Suryo Sudiro.

Sementara itu, Dekan Fakultas Pendidikan UTY, Dr. Mustaqim Pabbajah, M.A. dalam sambutannya mengungkapkan bahwa menulis sebuah buku merupakan skill yang harus dimiliki oleh insan akademik. Untuk itu ia menyambut baik penyelenggaraan workshop English Textbook Designing tersebut.  Ia berharap kegiatan tersebut dapat menjadi stimulus bagi mahasiswa untuk meningkatkan skill dalam menulis, serta ke depannya ia berharap akan lahir penulis-penulis buku bahasa Inggris dari mahasiswa PBI UTY.

Dekan Fakultas Pendidikan UTY, Dr. Mustaqim Pabbajah, MA menyampaikan sambutan

Pada kesempatan itupula, Dr. Mustaqim Pabbajah mengucapkan selamat kepada Pogram Studi Bahasa Inggris yang baru saja mendapatkan akreditasi B dari BAN-PT DIKTI. Menurutnya, “akreditasi B merupakan penilaian dari negara terhadap PBI UTY dan sebaiknya juga dipandang sebagai sebuah tantangan prodi karena selanjutnya Prodi PBI UTY harus membuktikan kualitasnya di masyarakat.”