Pameran Fotografi, Ajang Menyalurkan Ide dan Kreatifitas

Pengunjung mengamati foto demi foto yang dipamerkan

Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) menggelar pameran fotografi bertajuk “Boxtography” dengan tema foto produk, di Plaza Kampus 1 UTY  (8 -13 Januari 2018).  Dalam ajang tersebut dipamerkan 33 karya foto produk, dengan pemilihan produk yang berbeda-beda tiap peserta. Dalam sambutannya, Defa Wibowo selaku ketua panitia, menyampaikan bahwa pameran tersebut sangat bermanfaat bagi para mahasiswa karena dapat memotivasi untuk berkarya secara optimal.  Menurutnya pameran tersebut merupakan  dapat menyalurkan ide dan kreasi dalam fotografi. “Kami sebagai mahasiswa merasa sangat senang dan bangga karena hasil karya kami dapat dinikmati oleh banyak orang. Pameran ini merupakan bentuk apresiasi yang membangun dan meningkatkan minat terhadap karya seni”, ungkap Defa yang saat ini berada di semester tiga Prodi Ilmu Komunikasi UTY.

Pameran Fotografi mendapat sambutan antusias dari mahasiswa UTY

Sesuai dengan judulnya, pameran ini disajikan dengan menggunakan kotak kardus yang disusun sedemikian rupa sesuai dengan ide dan kreasi mahasiswa, ungkap Defa.  Penggunaan kotak kardus ini bukan tanpa alasan, karena dilatarbelakangi kepedulian terhadap banyaknya sampah produk yang semakin meningkat seiring dengan minat penggunaan produk oleh masyarakat. Demi menjaga kualitas lingkungan hidup, penggunaan sampah dapatdimanfaatkan sebagai produk daur ulang yang memiliki nilai tinggi salah satunya seni. Hal inilah yang ingin dikampanyekan oleh mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi, bahwa sebagai masyarakat yang memiliki kebutuhan dan keinginan mengkonsumsi produk-produk industri dalam kehidupan sehari-hari, harus memiliki kepedulian dan tanggung jawab atas dampak yang ditimbulkan. Tidak hanya dapat menggunakan produknya secara kontinu, kita juga harus bisa mengubah limbah dan menghasilkan suatu produk bermanfaat bagi masyarakat. Terbukti, kotak-kotak kardus bekas pun dapat disulap menjadi karya instalasi bernilai seni, tambah Defa.

Andri Prasetyo Yuwono, M.I.Kom Kaprodi Ilmu Komunikasi UTY, yang merupakan dosen mata kuliah fotografi menyampaikan bahwa kegiatan pameran tersebut merupakan hasil karya kreatif dari mahasiswa yang mengikuti mata kuliah fotografi. Menurutnya foto produk merupakan tema yang sangat tepat untuk dipamerkan. Hal ini berkaitan dengan tren yang sedang berkembang. Selain itu, dengan melakukan foto produk, mahasiswa dilatih untuk dapat menciptakan kreatifitas dengan strategi yang unik agar dapat menghasilkan foto yang sangat menarik, dengan pendekatan orientasi bisnis. Melalui foto, seorang fotografer harus bisa mengkomunikasikan pesan mengenai info dan keunggulan produk sehingga memiliki nilai jual yang tinggi. “Foto produk yang baik adalah foto yang dapat menarik orang untuk membeli produk yang menjadi objek foto” jelas Andri Yuwono. Andri berharap, para mahasiswa memiliki skill fotografi sebagai media komunikasi dan juga memiliki bekal praktis dalam bidang kewirausahaan. Ke depan, pameran serupa akan terus dilakukan secara berkala dengan tema-tema berbeda sesuai dengan kondisi sosial, budaya dan ekonomi yang ingin dikomunikasikan kepada masyarakat khususnya civitas akademika UTY, jelas Andri Yuwono.