Bupati Sleman Apresiasi Pendampingan Sosial Dosen UTY

Bupati Sleman Drs. H. Sri Purnomo, M.Si memberikan sambutan di Kampus UTY

Daerah Istimewa Yogyakarta telah diakui sebagai wilayah pusat pendidikan di Indonesia, telah memberikan andil yang sangat besar dalam menyumbang mutu pendidikan di Indonesia. Termasuk dalam  menghasilkan generasi muda yang mampu melakukan inovasi kreatif di dunia industri berbasis teknologi digital saat ini.  Sedangkan jumlah perguruan tinggi di Kabupaten Sleman jika dibandingkan dengan daerah lain di DIY, jumlahnya yang terbanyak, kata Drs. Sri Purnomo, MSi Bupati Sleman dalam sambutannya pada acara penandatanganan MoU dengan Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) di Kampus 1 UTY Sabtu 4 Agustus 2018. 

Dengan banyaknya perguruan tinggi tersebut, mendorong Pemerintah Kabupaten Sleman untuk memaksimalkan potensi dan sumber daya manusia. “Kerja sama Pemerintah Kabupaten Sleman dengan Perguruan Tinggi akan dilakukan secara berkesinambungan agar dapat memfasilitasi semua bagian secara merata. Kerja sama dilakukan dalam kegiatan penelitian, pengkajian, dan pengabdian agar dapat merepresentasikan kebutuhan masing-masing institusi serta memberikan kontribusi khususnya untuk wilayah Kabupaten Sleman,” kata Sri Purnomo.

Menristekdikti RI dan para undangan lainnya menyimak sambutan Bupati Sleman

Terkait dengan penandatangan MoU antara UTY dengan Pemerintah Kabupaten Sleman tersebut, ia memiliki harapan besar dapat memberikan kemanfaatan bagi masyarakat Kabupaten Sleman. Ia menyampaikan bahwa isi dan ruang lingkup MoU antara UTY dengan Pemerintah Kabupaten Sleman adalah pendampingan pemberdayaan perempuan, perlindungan anak dan literasi media berbasis gender. Pada kesempatan itu, Sri Purnomo mengungkapkan bahwa sebenarnya jauh sebelum MoU yang hari itu ditandatangani, UTY telah melakukan kegiatan sebagaimana yang dituangkan dalam MoU tersebut. Yakni, dosen-dosen UTY telah melakukan kerjasama pendampingan dan pemberdayaan terhadap perempuan dan anak, bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sleman. Untuk itu ia mengucapkan terima kasih dan apresiasinya kepada seluruh jajaran di UTY atas partisipasinya dalam memperhatikan masalah pembangunan bidqang sosial di Kabupaten Sleman.  Ia berharap dengan adanya payung hukum berupa MoU, kegiatan pendampingan dan pemberdayaan yang telah dilakukan akan lebih meningkat lagi. Iapun membuka kesempatan yang luas kepada para dosen dan mahasiswa yang hendak melakukan pengabdian dan kolaborasi dengan berbagai instansi di Kabupaten Sleman sebagaimana yang telah berjalan selama ini.

Apresiasi Bupati Sleman juga diberikan kepada para mahasiswa UTY, yang menggelar karya-karyanya dalam UTY Expo yang diselenggarakan pada hari itu juga. Usai mengikuti Menristekdikti melakukan peninjauan UTY Expo setelah penandatanganan MoU,  Sri Purnomo  menyampaikan harapannya bahwa temuan dan karya-karya inovasi dan teknologi karya mahasiswa UTY bisa diaplikasikan untuk mengembangkan UMKM di Kabupaten Sleman.