Dosen UTY Raih Emerald Publishing Award 2018

Rozita Nordin menyerahkan sertifikat Awards kepada Prof Rusmin, didampingi Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM., Akt., CA (kanan) dan Irwan Sukardi Business Manager Emerald Publishing - Indonesia (kiri)

Prof. Rusmin, PhD. MBA, Dosen Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), meraih penghargaan literati awards “Highly  Comended Paper Emerald Literati Awards 2018”, dari Emerald Publishing, yang merupakan penerbit jurnal ilmiah dan buku akademis di bidang manajemen, bisnis, pendidikan, kesehatan, dan teknik. Emerald Publishing  beroperasi di seluruh dunia dengan kantor dan di berbagai negara di benua Australia, Asia, Amerika Serikat, Amerika Selatan, Eropa dan Afrika.  Penyerahan Awards dilakukan di Kampus 1 UTY Jum’at 3 Agustus 2018. 

Dalam sambutannya Rektor UTY, Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM., Akt., CA menyampaikan ucapan selamat atas prestasi Prof Rusmin tersebut. Ia mengatakan bahwa  penelitian merupakan kewajiban dosen sebagaimana tertuang dalam Tri Darma Perguruan Tinggi. Ia berharap dosen-dosen lain dapat mengikuti jejak Prof Rusmin yang produktif menghasilkan karya penelitian dan publikasi ilmiah.   Dalam kesempatan itu Bambang Moertono menyampakan bahwa selain penyerahan Award internasional tersebut,  pada Hari Sabtu 4 Agustus 2018 ini UTY akan menandatangani kerjasama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), BUMN, Pemerintah Kabupaten Sleman, dan beberapa Industri.  Akan hadir dalam penandatangan yang dilakukan di Kampus 1 UTY tersebut, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI Prof. H. Muhamad Nasir, PhD,  Ak., Prof. Ainun Naim, PhD, MBA Sekretaris jenderal Kemenristek Dikti RI,  Bupati Sleman Drs. H. Sri Purnomo, MSi, Prof. Dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc, PhD Dirjen Sumber daya IPTEK-Dikti Kemenristekdikti,  Muhammad Gamal Nasser (Staff Khusus Menteri Bidang Komunikasi Publik,  Drs. Kunto Riyadi Kepala Bappeda, MPPM, Kepala dinas P3AP2 Kab Sleman dr. Mafulindati Nuraeni, M.Kes, dan beberapa pejabat lain baik dari Pusat maupun daerah.

Usai menyerahkan award tersebut, Rozita Nordin, Marketing Manager Emerald Publising Wilayah Asia Timur menyampaikan ucapan selamat kepada Prof Rusmin. Ia menerangkan bahwa setiap tahun ribuan naskah dari berbagai penjuru dunia masuk ke Emerald Publishing untuk bisa ditebitkan. Namun lebih dari 80% naskah tersebut tidak dapat dipublikasikan, karena tingginya standar/kualifikasi yang ditetapkan dari Emerald Publishing.  Hanya hasil penelitian ilmiah berkualitas tinggi yang bisa tembus /dipublikasikan di jurnal  bereputasi internasional yang dipublikasikan secara internasional oleh Emerald Publishing.  Prof Rusmin menerima Award setelah berhasil menulis 12 judul artiket dari hasil penelitian dengan kualitas yang sangat bagus, terang Rozita.

Sementara itu Prof Rusmin menyampaikan bahwa ia sangat bersyukur mendapat Award dari Emerald. Menurutnya award tersebut diperoleh dengan perjalanan panjang dalam penelitian dan mempublikasikannya di jurnal ilmiah internasional. Ia menyampaikan sejak meraih PhD beberapa tahun lalu, ia telah menulis 30 publikasi ilmiah internasional. Dua belas diantaranya dipublikasikan di jurnal yang diterbitkan oleh Emerald Publishing.   Menurutnya penelitian merupakan suatu keharusan jika telah memilih profersi sebagai dosen. Ia berharap raihan award tersebut dapat menjadi penyemangat bagi dirinya sendiri dan teman-teman sejawat di UTY. Iameyakini jika ia bisa meraih award tersebut, maka teman-teman yang lain juga bisa.  Ia juga berterima kasih kepada Rektor UTY dan seluruh jajaran dan Yayasan, yang telah menjaga iklim yang baik, sehingga ia dan kawan-kawan dapat melakukan penelitian secara baik.  Mengakhiri sambutannya ia menyampaikan bahwa mempublikasikan hasil penelitian di Emerald Publishing tidak dipungut biaya. Menurutnya, jurnal-jurnal ilmiah yang tidak memungut biaya menjadi indikasi yang kuat bahwa jurnal tersebut berkualitas.