UTY Bina Mahasiswa Berwirausaha

Mahasiswa UTY memamerkan produknya dalam UTY Expo

Tahun 2018 ini Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) menerima Hibah ‘Program Ipteks Bagi Kewirausahaan (Ibk)’ dari Kemenristekdikti RI. Hibah tersebut dalam skim Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK). Para pengabdi yang membina pada program yang ditujukan untuk mencetak wirausahawan muda tersebut terdiri Prof. Zulhawati, Dra PujiAstuti, M.M, Widya  Setiafindari, S.T, M.Sc, serta Ifah Rofiqoh, M.Si.

Pada tahun pelaksanaan 2018 ini, program PPK di UTY membina sebanyak 22 mahasiswa dari 11 kelompok. Kesebelas kelompok tersebut memiliki produk yang berbeda-beda. Produk-produk tersebut yaitu Capuccino cincau, De Donut, Falcon Archery, Keva Media Group, McDonut’s, EWE Collection, Seblak Jogja, RC Family, Mie Bet Jo, Jafla Food Indonesia, dan Quiling Base. Semua produk memiliki keunggulan dan keunikan khas dibanding dengan produk pada umumnya. Beberapa kelompok diantaranya baru memulai bisnisnya ketika program ini diselenggarakan. Selain mendapatkan bantuan dana dan pembinaan dari Kemenristekdikti, mahasiswa juga mendapatkan bantuan berupa dana dari Kementrian Koperasi dan UMKM. Pembinaan ini telah berjalan selama tiga tahun, ungkap Ifah Rofiqoh.

Ifah Rofiqoh menyampaikan bahwa program PPK diawali dengan seleksi terbuka untuk semua mahasiswa UTY tanpa syarat semester dan jurusan. Setelah diseleksi, semua kelompok diberi bimbingan mulai dari analisis bisnis, pelatihan pembuatan bisnis plan, pembekalan motivasi, pelatihan kewirausahaan, kunjungan mitra, pemberian bantuan teknologi, hingga membantu menganalisis masalah dengan analisis SWOT (Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Tantangan). Beberapa tenant berhasil dibimbing sampai memiliki Hak Kekayaan Intelektual dan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK). Berbagai pelatihan pembinaan ini dilaksanakan secara intensif selama satu tahun.

Lebih lanjut Ifah Rofiqoh mengungkapkan bahwa pengembangan program PPK di UTY merupakan program pengembangan berkelanjutan yang didukung secara penuh oleh UTY. Program ini ditujukan agar dapat membantu mahasiswa untuk berwirausaha secara mandiri. Kedepannya program akan dilanjutkan dengan membentuk wadah alumni PPK UTY. Dengan adanya wadah alumni PPK UTY, diharapkan para alumni bisa membantu adik-adik tingkatnya dalam mengembangkan inkubator wirausaha di UTY dan memajukan perekonomian Indonesia, tambahnya.