UTY Ikut Berkontribusi Pemberdayaan serta Perlindungan Anak dan Perempuan

Dr. Eko Setyo Humanika, M Hum menandatangi Perjanjian Kerjasama dengan Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman disaksikan Bupati Sleman Drs. H Sri Purnomo, MSi.

Fakultas Humaniora Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Sleman menandatangani Perjanjian Kerjasama (PK) di bidang pemberdayaan perempuan, perlindungan perempuan dan anak, dan literasi media berbasis gender. Penandatanganan PK tersebut dilakukan oleh Dekan Fakultas Humaniora UTY Dr. Eko Setyo Humanika, MHum dan Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman dr.Mafilindati Nuraini, Mkes yang disaksikan langsung oleh Bupati Sleman Drs. Sri Purnomo, MSi, Selasa (7/8/2018), di Lapangan Pemerintah Daerah Sleman, bersamaan dengan acara Peringatan Hari Anak Nasional yang diselenggarakan oleh Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman. Perjanjian Kerjasama tersebut merupakan salah satu realisasi dari Kerjasama antar UTY dengan Pemerintah Kabupaten Sleman yang ditandatangani Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM., Akt., CA dan Bupati Sleman Drs. H. Sri Purnomo, MSi, di UTY pada 4 Agustus 2018.

Dalam sambutannya pada rangkaian acara penandatanganan PK tersebut, Kepala Dinas P3AP2KB menyatakan bahwa kesetaraan gender yang diterapkan sejak kecil dapat menunjang pola tumbuh kembang anak sehingga menciptakan keharmonisan dan kesejahteraan keluarga berencana. “Mari membiasakan untuk tidak membedakan laki-laki dan perempuan demi mewujudkan kesetaraan gender yang dapat memaksimalkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Sedangkan Eko Setyo Humanika menyampaikan bahwa kerjasama ini merupakan salah satu bentuk dukungan dan peran serta UTY dalam upaya pemberdayaan perempuan, penyetaraan gender. Muara dari kegiatan ini adalah meningkatnya kualitas sumber daya manusia di wilayah Kabupaten Sleman. Ia menambahkan bahwa kerjasama tersebut keinginan untuk berkontribusi akademis dalam pemecahan/mengurangi masalah-masalah kekerasan terhadap perempuan dan anak yang terjadi di Wilayah Yogyakarta khususnya Sleman. Adapun pelaksanaan program yang tertuang dalam naskah PK tersebut dilakukan oleh Prodi Ilmiu Komunikasi UTY.

Dekan Fakultas Humaniora UTY (paling kanan), Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman (no dua dari kanan), Kaprodi Ilmu Komunikasi UTY (paling kiri), dan salah satu dosen Prodi Ilmu Komunikasi UTY Debby Elsa MA, foto bersama usai penandatanganan Perjanjian Kerjasama

Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Andri Prasetyo Yuwono, M.I.Kom., mengatakan bahwa kerjasama ini merupakan bentuk kontribusi yang sesuai dengan fokus kajian yang merupakan salah satu keunggulan dari Prodi Ilmu Komunikasi UTY. “Kajian tentang perempuan dan kesetaraan gender merupakan concern dari Prodi Ilmu Komunikasi, sehingga berbagai penelitian dan pengabdian pun dilakukan sesuai dengan wawasan dan pengalaman yang telah dimiliki oleh para dosen. Kajian ini pun tersedia dalam perkuliahan sehingga kedepannya mahasiswa pun dapat memahami dan memberikan kontribusi sejenis kepada masyarakat luas.”

Lebih lanjut Andri menyampaikan bahwa kerjasama ini mengacu pada program yang dicanangkan oleh pemerintah dengan tema TheeEnds yakni akhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, akhiri perdagangan manusia dan akhiri kesenjangan ekonomi terhadap perempuan. Perjanjian Kerjasama dilaksanakan dalam pemberdayaan perempuan, perlindungan perempuan dan anak, dan literasi media berbasis gender. Literasi Media sebagai pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), Literasi Media sebagai pencegahan dampak negatif dari sosial media pada  Satuan  Petugas Perlindungan Perempuan dan Anak (Satgas PPA), Pembuatan media sosialisasi tentang literasi media berbasis gender, pendampingan desa ramah gender dan pelatihan jurnalisme bencana berbasis gender.