UTY Jalin Kerjasama Dengan Pemkab Sleman, BPPT, BUMN, dan Industri

Rektor UTY, Bupati Sleman, Pimpinan BPPT, Direktur BUMN dan Industri sedang menandatangani MoU, disaksikan oleh Menristekdikti RI dan Ketua Yayasan Dharma Bhakti IPTEK (yang menaungi UTY)

Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) secara resmi bekerjasama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Pemerintah Kabupaten Sleman, PT. Pupuk Indonesia Energi, PT. Bhakti Tamara, PT. Asian Profile Indosteel, PT. Istana Mobile Surabaya Indah, PT. Sekawan Bhakti Intiland, PT. Metrodata Electronics, Tbk, dan National Hospital Surabaya. Kerjasama tersebut dituangkan  melalui nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani Rektor UTY dengan Bupati Sleman, Kepala BPPT, dan Direktur dari perusahaan-perusahaan tersebut.

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) tersebut dilakukan di Kampus UTY Sabtu tanggal 4 Agustus 2018. Hadir menyaksikan penandatangan tersebut dan memberikan  kuliah umum,  Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI, Prof. H. Muhammad Nasir, Ph.D., Akt.

Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM., Akt, CA memberikan sambutan

Dalam sambutannya Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, M.M. Akt., C.A menyampaikan bahwa seiring perkembangan dunia teknologi yang mengalami kemajuan sangat pesat menuju revolusi industri 4.0 mempengaruhi pola bisnis dan perilaku manusia. Untuk itu perguruan tinggi harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi, namun demikian harus tetap menjaga karakteristik Indonesia. Universitas Teknologi Yogyakarta telah mengantisipasi perkembangan  tersebut  sebagai universitas yang mengedepankan orientasi problem solver. Kerja sama dengan berbagai pihak merupakan langkah yang dilakukan untuk dapat turut berkontribusi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia kompetensi yang memadai untuk memasuki dunia kerja. Bambang Moertono mengatakan “diharapkan dengan adanya kerjasama yang terjalin dapat menciptakan keterkaitan dan  kesepadanan (link and match) antara dunia pendidikan dengan dunia industri.”  Ia juga berharap kerjasama yang ditandatangi tersebut akan memberikan barokah bagi bagi semua pihak yang melakukan kerjasama, serta Allah memberikan kemudahan untuk merealisasikan kegiatan-kegiatan yang sudah dirancang dan dituangkan dalam MoU tersebut.  

Adapun ruang lingkup kerja sama UTY dengan Pemerintah Kabupaten Sleman meliputi kegiatan pendidikan dan pelatihan, penelitian, pengkajian dan pengembangan sumber daya, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, dan pengabdian kepada masyarakat. Sedangkan ruang lingkup nota kesepahaman dengan BPPT dan perusahaan-perusahaan meliputi kegiatan penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pengembangan kelembagaan, penyelenggaraan kolaborasi riset dan pengembangan sumber daya, penyelenggaraan kegiatan ilmiah, seminar, dan lokakarya, Peningkatan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia, kegiatan magang mahasiswa, rekruitmen lulusan, dan kegiatan lainnya yang disepakati oleh kedua belah pihak. Dalam sambutannya Menristekdikti RI, Prof. H. Muhammad Nasir, PhD, Akt. menyampaikan apresaisinya kepada UTY yang telah menjalin kerjasaman dengan dengan institusi dan industri. Sementara itu Sekertaris Utama BPPT, Wimpie Agoeng berharap akan ada realisasi kegiatan dari MoU yang ditandatangani tersebut, berupa kegiatan-kegiatan  yang dapat memberikan manfaat baik bagi yang melakukan kerjasama maupun masyarakat luas.

Sedangkan Direktur Utama PT. Pupuk Indonesia Energi, Tentaminarto Tri Februartono yang menyampaikan sambutan atas nama perusahaan-perisahaan yang melakukan kerjasama pada saat itu, mengungkapkan bahwa dunia industri membutuhkan sumber daya manusia yang handal, serta inovasi-inovasi yang berasal dari insan akademik.  Sehingga ia menyambut baik kerjasama yang dituangkan dalam MoU tersebut.

Keberhasilan UTY menggandeng banyak pihak tersebut mendapat sambutan sangat positif dari para mahasiswa dan alumni. Diantaranya Ahmad Fatah dari Prodi Arsitektur mengungkapkan rasa bangganya, serta merasa senang atas terselenggaranya kerjasama tersebut. Ia yakin kerjasama tersebut akan memberi manfaat dan positif bagi para mahasiswa.

Penandatanganan MoU tersebut juga dihadiri pengurus Pusat Ikatan Alumni UTY (IKA UTY), diantaranya Wahyu Wijanarko (Ketua Alumni – yang sekarang menjabat sebagai Pimpinan Cabang BPD Yogyakarta). Para alumni juga merasa bangga kampus tempat mereka menimba ilmu memiliki kerjasama yang luas dengan instansi dan industri.  Sebagai wujud terima kasih kepada almamater, para alumnipun siap membantu untuk adik-adik kelasnya agar bisa menjadi generasi yang sukses.