Ikatan Alumni Universitas Teknologi Yogyakarta (IKA UTY) menyelenggarakan Rapat Kerja dan Pelantikan Koordinator Wilayah. Acara tersebut diselenggarakan di Kampus 1 UTY Sabtu 24 Agustus 2018.  Rapat Kerja IKA UTY kali ini, merancang kegiatan dari IKA UTY periode 2018-2022 yang telah dikukuhkan beberapa saat lalu oleh Rektor UTY. 

Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM., Akt., CA memberikan sambutan

Dalam sambutannya, Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM., Akt., CA menyampaikan apresiasi atas aktifnya kepengurusan IKA UTY 2018-2022. Iapun berjanji akan terus memberikan support terhadap kegiatan-kegiatan yang dirancang dan dilaksanakan oleh IKA UTY.  Lebih lanjut Bambang Moertono menyampaikan bahwa para alumni yang saat ini telah banyak menduduki posisi penting dalam dunia industri menjadi sangat mendukung upaya UTY dalam menghasilkan lulusan yang lebih siap memasuki dunia kerja. Keberhasilan dan kesuksesan alumni merupakan keberhasilan dan kesuksesan universitas juga. Dalam kesempatan itu juga Bambang Moertono menyampaikan terima kasih atas peran alumni dalam mendukung upaya UTY menjalin kerjasama dengan industri, sebagaimana yang telah dilakukan MoU dengan antara UTY dengan berbagai industri beberapa waktu lalu. 

 Dalam rapat kerja tersebut hadir sekitar 100 alumni  yang datang dari berbagai daerah di Indonesia, diantaranya Hones dari Jambi, Hendrik Marpaung dari Makasar, Eko Setyadi, dan Budi Harjanto dari Jakarta, Hamonangan dari Surabaya, Tri Hartanto dari Semarang, serta para alumni lainnya dari berbagai daerah. Pada saat itu pula dilakukan pelantikan KORWIL-KORWIL yang sudah terbentuk.

Ketua IKA UTY, Wahyu Wijanarko, SE., MSi memberikan sambutan

Saat memimpin acara Rapat Kerja, Wahyu Wijanarko, SE, MSi  Ketua Umum IKA Alumni menyampaikan bahwa melalui wadah IKA UTY tersebut ia menjadi lebih banyak teman dan sahabat, serta mengenal alumni dari berbagai angkatan dan berbagai daerah.

Sebelum pembahasan agenda raker dilakukan perkenalan alumni dari berbagai Koordinator Wilayah (KORWIL) yang hadir, diantaranya dari JABODETABEK, Surabaya, Jambi, Makasar, Semarang, dan Yogyakarta. Pembahasan agenda raker dibagi dalam bidang-bidang.

Bidang Kemitraan dan Jaringan Bisnis, mengagendakan program Identifikasi Bisnis atau Profesi Alumni.  Melakukan MoU dengan perusahaan tempat alumni bekerja atau mitra usaha alumni. Serta Pengelolaan Data Lowongan Kerja dan Job Fair untuk Alumni UTY. Program-program ini dimaksudkan untuk membantu alumni UTY agar dapat segera mendapat pekerjaan setelah lulus. 

Bidang Pendidikan, Pelatihan, dan Hubungan Almamater mengagendakan program Workshop dan pelatihan terkait  dengan Job Seeker’s, Aplikasi Dasar Komputer, Public Speaking, dan Psikotes.  Pelatihan ini ditujukan kepada alumni agar lebih handal dalam mencari kerja ataupun handal dalam bekerja. Selain itu juga memprogramkan kegiatan Seminar tentang  Pajak, IT, Sistem Manajemen,  Akuntansi, dan materi-materi lain yang up to date di dunia industri.  Seminar ini bertujuan untuk  memberikan pemahaman ilmu tambahan kepada peserta (Mahasiswa / Alumni UTY)

Bidang Pengembangan Organisasi memprogramkan Pemetaan Wilayah Korwil, dengan menetapkan wilayah-wilayah yang menjadi satuan Koordinator Wilayah untuk dapat segera dilaksanakan pelantikan kepengurusan Korwil. Tujun dari program ini adalah untuk memperluas jaringan alumni dan mengakomodir kegiatan alumni di setiap daerah sesuai dengan bidang yang ditetapkan pada kepengurusan pusat IKA UTY. Setelah Korwil-korwil terbentuk, maka langkah selanjutnya adalah program Pembinaan Koordinator Wilayah dan Sub Koordinator Wilayah  untuk membimbing, mengawasi dan mengevaluasi program kerja yang dilaksanakan oleh seluruh Koordinator Wilayah dan Sub Koordinator Wilayah.

Sedangkan Bidang Humas dan Alumni memprogramkan pembuatan Website IKA UTY, membuat database anggota IKA UTY dan pembuatan kartu IKA UTY. Adapun pada bidang sosial, IKA UTY memprogramkan  pembinaan dan monitoring semua kegiatan sosial yang dilakukan oleh Korwil, serta melakukan kegiatan sosial di Tingkat Pusat. Kegiatan sosial ini sudah dilaksanakan beberapa kali sebelum rapat kerja ini terjadwalkan, ungkap Wahyu Wijanarko.