UTY Sambut 3.262 Mahasiswa Baru

Rektor UTY melantik Mahasiswa Baru TA 2018/2019

Selama sepekan, mulai tanggal 10 September 2018, Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY)  menyelenggarakan penyambutan Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2018/2019. Tahun ini Penyambutan Mahasiswa Baru UTY bertema “Membangun Generasi Milenial Berkarakter Unggul”.  Sebanyak 3.262 Mahasiswa Baru UTY mengikuti acara tersebut.

Pada hari pertama, kegiatan penyambutan diselenggarakan di Kampus 1 UTY Jl. Siliwangi Ringroad Utara Jombor Sleman Yogyakarta, dengan acara Pelantikan Mahasiswa Baru oleh Rektor UTY, sambutan-sambutan dan pengisian materi terkait dengan upaya membangun karakter unggul oleh Kapolda DIY, Brigjen Ahmad Dhofiri,  KH. Miftah Maulana Habiburrahman (Gus Miftah) dan Suharyono SIP, dari Badan Narkotika Nasional Propinsi DIY..

Pada kesempatan tersebut pelantikan Mahasiswa Baru diwakili oleh Dicky Hafidz dari Fakultas Teknologi Informasi dan Elektro, Nezzil Arhamika dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Azmi Fadilla Wijaya dari Fakultas Humaniora, Emilly Resta dari Fakultas Pendidikan, dan Muhammad Ridha Fakultas Sains dan Teknologi.

Rektor UTY memberikan sambutan

Dalam sambutannya Rektor UTY, Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM., Akt., CA menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan para Mahasiswa Baru, yang telah berhasil melalui seleksi yang ketat untuk menjadi mahasiswa UTY. Selanjutnya ia meyakini para mahasiswa baru akan menggunakan kesempatan kuliah untuk menuntut ilmu, dan menatap masa depan yang lebih baik, serta dapat berperan aktif dalam pembangunan bangsa dan negara. Menurutnya, saat ini negara sedang membutuhkan sumber daya manusia yang kompeten dan handal untuk menaikan daya saing bangsa.

Lebih lanjut, Bambang Moertono menyampaikan bahwa animo masyarakat yang terus meningkat untuk masuk ke UTY, diantaranya karena perkembangan UTY yang terus meningkat secara signifikan. Selama 2 thn terakhir ini 6 prodi naik akreditasinya, 3 prodi dari C ke B, dan 3 prodi dari B ke A. Selain itu juga karena UTY selalu berupaya untuk meningkatkan sarana prasarana, kualitas PBM dan menjalinan kerja sama baik di dalam negeri maupun luar negeri, kata Bambang Moertono.

Kepada para mahasiswa baru Bambang Moertono menyampaikan bahwa, pada tanggal 4 Agustus 2018 lalu, Menteri Ristekdikti beserta Sekjen dan Dirjen, berkunjung ke Kampus UTY untuk memberikan ceramah dan menyaksikan penandatanganan Mou antara UTY dengan BPPT, PT Pupuk Indonesia Energi, Pemda Sleman dan 7 Industri Nasional dalam acara UTY’s Academic Excellent Day. Dalam acara tersebut juga diselenggarakan expo hasil karya inovasi mahasiswa dan start-up mahasiswa. Ada beberapa hasil mahasiswa yang akan dibeli/digunakan untuk industri, ungkap Bambang Moertono.

Dalam kesempatan itu pula, ia menyampaikan bahwa UTY memiliki kerjasama UTY dengan Microsoft, untuk memfasilitasi aktifasi software Windows 10 dan Microsoft Office 365 plus, fasilitas simpanan online melalui one drive Microsoft per mahasiswa 5 tera byte, dan email uty.ac.id secara gratis. Disamping itu juga diselenggarakan sertifikasi microsoft international.

Guna melengkapi kesiapan terjun di masyarakat UTY memfasilitasi berbagai kegiatan mahasiswa dalam UKM & HMJ. Untuk itu ia menyarankan mahasiswa bisa membagi waktu untuk menimba ilmu sekaligus mengikuti berbagai kegiatan guna mendukung kesuksesan.

3.262 Mahasiswa Baru UTY TA 2018/2019 mengikuti kuliah perdana di Kampus 1 UTY

Adapun terkait dengan tema yang diambil pada penyambutan mahasiswa baru tersebut, Bambang Moertono menyampaikan bahwa era digital saat ini telah melahirkan generasi mileneal, yang rentan menjadi generasi dengan jiwa sosial, kemandirian, dan ahlak yang yang rendah. Oleh karena itu, generasi mileneal saat ini, yang akan menjadi pemimpin masa depan, sangat perlu dibekali dengan karakter dan kepribadian yang unggul yang berahlakul karimah.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina Yayasan Dharma Bhakti IPTEK Drs. H. Iskandar Abdurrahman menyampaikan bahwa jiwa kepemimpinan terus dibentuk selama proses belajar di UTY, yang diiringi kegiatan-kegiatan bermanfaat. Ia berharap mahasiswa giat dalam menimba ilmu yang bermanfaat bagi dunia dan akhirat, serta aktif berkegiatan dan beroganisasi sehingga dapat membiasakan diri menjadi pribadi yang solutif yang unggul dalam memimpin.

Adapun rangkaian kegiatan Penyambutan Mahasiswa Baru UTY yang berlangsung sampai dengan Minggu (16/9) diisi dengan Pengenalan Fakultas, Prodi, Pertemuan Orang Tua, Pengisian KRS dan Outbond.