Aplikasi e-Parking, Juara Pagelaran TIK DIY

Penyerahan Hadiah Pemenang Pagelaran TIK yang diselenggarakan Dinas Kominfo DIY

Dinas Komunikasi dan Informatika DIY menyelenggarakan lomba dalam rangka Pagelaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dengan tema “Inovasi Tanpa Batas”. Lomba yang diselenggarakan pertengahan bulan September 2018 tersebut  bertujuan memberikan wadah inovasi dan kreatifitas bagi perorangan maupun kelompok. Melalui ajang perlombaan tersebut Dinas Kominfo DIY mengajak anak-anak muda  yang memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi informasi, untuk  berinovasi dan berkreasi secara positif mengikuti zaman digital. Adapun kategori lomba terdiri dari Lomba Aplikasi Jogja Smart Province, Visualisasi Trend Media Sosial, Animasi Jogja Istimewa,  serta Blogging dan Konten Kreatif.

Dalam lomba yang diikuti oleh para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di jogja baik negeri maupun swasta serta dari para praktisi IT di Jogja tersebut, Muhammad Syaifudin mahasiswa Prodi Informatika Fakultas Teknologi Informasi & Elektro, Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) berhasil merebut juara ke 2, dengan karya bertajuk Aplikasi e-parking. Penyerahan Hadiah dilakukan Sabtu 22 September 2018.

Syaifudin menyampaikan bahwa aplikasi yang dikembangkan merupakan wujud dari kolaborasi kemampuan merancang aplikasi mobile dan penguasaan alat sensor. Aplikasi e-parking dirancang sebagai solusi permasalahan parkir konvensional saat ini.  Pada metode konvensional, parking gate akan terbuka jika menekan tombol enterance dan proses pembayaran masih membutuhkan operator. Dengan aplikasi e-parking, proses enterance bisa dilakukan dengan mudah melalui mobile application berbasis android sehingga gerbang portal parkir akan terbuka secara otomatis, demikian pula proses keluar parkir. Pada proses pembayaran akan dilakukan dengan metode debet saldo pengguna dari akun.

Fitur lainnya yang dirancang adalah pengguna dapat memantau area parkir sehingga posisi area parkir kosong dapat lebih mudah ditemukan. Aplikasi ini masih dalam proses pengembangan lebih lanjut menuju ke SMART APP yang diharapkan ke depannya dapat mendukung SMART CITY di Wilayah Indonesia, jelas Saifudin.

Dalam kesempatan terpisah, Dr. Erik Iman H.U Dekan Fakltas Teknologi Informasi dan Elektro UTY menyampaikan bahwa ia akan terus mendorong para mahasiswanya untuk berinovasi. Kejelian menemukan solusi baru dengan teknologi yang tepat guna yang dapat mempermudah pekerjaan, merupakan hal penting bagi mahasiswa. Di era digital ini, terbuka ruang yang luas dalam berinovasi dengan memanfaatkan teknologi informasi, salah satunya e-parking, tambah Erik Iman.