Dies Natalis 16 UTY: Adaptif Hadapi Perubahan, Jaga Karakter Bangsa

Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM., Akt., CA menyampaikan sambutan dan laporan tahunan

Bertempat di Kampus 1 Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), hari Sabtu 27 Oktober 2018, UTY memperingati Dies Natalisnya yang ke 16, dengan tema “Bersama Menuju UTY Hebat”.  Acara peringatan Dies Natalis tersebut dihadiri seluruh Pengurus Yayasan, Tenaga Pendidik, dan Tenaga Kependidikan. Adapun Rangkaian kegiatan diisi dengan Laporan Rektor UTY, sambutan Ketua Yayasan Dharma Bhakti IPTEK (YDB IPTEK), dan Sambutan Ketua Dewan Pembina Yayasan Dharma Bhakti IPTEK.

Dosen dan Karyawan UTY antusias menyimak sambutan dan laporan Rektor UTY

Bambang Moertono menyampaikan bahwa ia jabatan Rektor yang ia emban meneruskan masa Jabatan Rektor sebelumnya yang wafat dua tahun lalu. Sedangkan masa jabatan Rektor periodenya akan berakhir pada bulan Desember 2018. Sehingga dalam kesempatan tersebut ia hanya melaporkan apa yang menjadi tanggungjawab yang diamanhkan kepadanya selama dua tahun terakhir.

Mengawali laporannya Bambang Moertono menyampaikan bahwa dunia pendidikan merupakan garis depan dalam menghadapi era teknologi saat ini dan masa depan.  Untuk itu perguruan tinggi harus cepat tanggap terhadap perubahan jaman yang utamanya disebabkan cepatnya perubahan teknologi. “Kita harus adaptif terhadap perubahan, dengan tetap menjaga karakter bangsa Indonesia”, kata Bambang Moertono.

Dalam laporannya ia menyampaikan perkembangan UTY dari bidang akademik, sumber daya dan kemahasiswaan.  Dalam bidang Akademik, ia menyampaikan bahwa penerimaan mahasiswa baru UTY mengalami kenaikan, dengan kenaikan peminatan calon mahasiswa dari prodi manajemen. Dalam kesempatan tersebut ia menyampaikan apresiasinya kepada Prodi Arsitektur yang menjadi prodi paling aktif selama dua tahun terakhir.

Rektor UTY menyerahkan laporan kepada Ketua Yayasan Dharma Bhakti IPTEK, Prof. Dr. HJ. Zulhawati, MM. Selanjutnya diteruskan kepada Ketua Dewan Pembina Yayasan Dharma Bhakti IPTEK

Dalam kesempatan itu pula,  ia mengungkapkan kesyukurannya karena pada tahun ini tidak ada lagi mahasiswa yang ‘hilang’ atau putus di tengah sebelum lulus. Hal ini merupakan sinyal positif bahwa proses belajar mengajar berjalan dengan baik. Dalam rangka menguatkan kualitas pendidikan, dalam 2 tahun terakhir UTY menerima 96 dosen baru.  Jumlah ini akan menjadikan rasio dosen-mahasiswa menjadi semakin kecil dan jumlah dosen tidak tetap bisa terus diminimalisir jumlahnya. Ia juga menyebutkan bahwa dalam dua tahun terakhir UTY menginvestasikan Rp. 1,5 Miliar guna mendukung ketercukupan buku-buku referensi di perpustakaan.

Proses belajar yang semakin baik tersebut, juga ditandai dengan naiknya peringkat akreditasi dari  enam program studi yang diajukan.  Yakni tiga Prodi naik peringkat dari B ke A, dan tiga lainnya dari C ke B. Saat ini, dua prodi sedang dalam proses re-akreditasi, dan saat ini pula UTY tengah menunggu jadwal visitasi Akreditasi Institusi yang telah diajukan. Ia berharap Akreditasi prodi dan institusi yang sedang diajukan akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Guna meningkatkan kinerja, baik pribadi para dosen maupun institusi, ia terus mendorong para dosen untuk bisa melanjutkan studi sampai ke jenjang S3, dan mengurus jabatan akademik dosen.  Iapun mendorong dosen-dosen untuk meningkatkan publikasi ilmiah. Untuk itu, dalam bulan Nopember 2018 ini UTY akan menyelenggarakan workshop penulisan karya ilmiah dengan menghadirkan pakar di bidangnya, yakni dari tim Penetapan Angka Kredit (PAK),  Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI.

Rektor UTY memotong tumpeng untuk diberikan kepada Ketua Yayasan Dharma Bhakti IPTEK

Dari bidang sumber daya, ia menyampaikan bahwa dengan dukungan dari pihak Yayasan, UTY terus meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana prasarana perkuliahan termasuk laboratorium. Peningkatan sarana tersebut juga diiringi dengan peningkatan kesejahteraan tenaga pendidik dan kependidikan. Sedangkan dalam bidang kemahasiswaan ia melaporkan berbagai kegiatan, dan prestasi mahasiswa. Begitu pula dengan kegiatan alumni yang rencananya pada bulan Desember 2018 ini akan menyelenggarakan Job Fair. Usai menyampaikan laporan, Rektor UTY menyampaikan laporannya kepada Ketua Yayasan Dharma Bakti IPTEK.

Setelah Rektor  menyampaikan laporan, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua YDB IPTEK dan Ketua Dewan Pembina YDB IPTEK.  Dalam sambutannya keduanya menyampaikan apresiasinya atas kinerja Rektor UTY. Dalam kesempatan itu juga dilakukan pemotongan tumpeng oleh Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM., Akt., CA yang diserahkan kepada Ketua YDB IPTEK Prof. Dr. Hj Zulhawati, MM, untuk selanjutnya diteruskan kepada Ketua Dewan Pembina YDB IPTEK.