Tim Menwa UTY, Juara Lomba Longmarch Nasional

Andri Kurnia Putra, Ida Bagus Putra, dan Eka Saputra usai menerima Trophy Loba Longmarch Nasional di Madiun

Sangat membanggakan, Resimen Mahasiswa “Agni Yudha” Universitas Teknologi Yogyakarta kembali berprestasi. Kali ini, meraih juara II Lomba Longmarch kategori Resimen Mahasiswa dengan tema “Merah Putih” Tingkat Nasional, yang diselenggarakan Universitas Merdeka Madiun pada 6 Oktober 2018.

Dalam gelaran yang diikuti 51 team MENWA dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia tersebut, Menwa “Agni Yudha” UTY mengirim 1 Tim yang terdiri dari Ida Bagus Putra, Eka Saputra dan Andri Kurnia Putra.  Sedangkan juara I diraih oleh Politeknik Negeri Jember dan juara III Institut Teknologi Negeri Malang.

Tim Menwa UTY sesaat sebelum memulai Lomba longmarch di Madiun

Andri Kurnia menyampaikan bahwa berbagai prestasi-prestasi yang diraih MENWA “Agni Yudha” UTY tidak terlepas dari persiapan dan latihan yang terus dilakukan setiap saat.   Adapun persiapan untuk mengikuti lomba di Madiun tersebut, berupa latihan kekompakan, kecepatan dan ketangkasan, yang sudah dipersiapkan dengan mantap selama beberapa bulan sebelumnya.

Menurut Andri, kendala latihan berupa kesibukan masing-masing anggota merupakan tantangan yang harus dihadapi. “Sebagai peserta lomba, kendala sulitnya latihan bersama dan memantau kondisi fisik peserta karena beragamnya jam kuliah masing-masing, menjadi tantangan tersendiri”, ungkap Andri. Kendala tersebut tidak menghalangi semangat untuk mengikuti lomba longmarch. Latihan rutin yang mereka lakukan dengan displiun membuahkan kemenangan yang membanggakan serta menjadi tolok ukur efektifitas latihan yang dilakukan selama ini, kata Andri.

Andri menyampaikan bahwa lomba Longmarch di Madiun ini memiliki spesifikasi penilaian yang sangat beragam seperti Peraturan Penghormatan Militer (PPM), Kekompakan, Kreatifitas dan Kecepatan. Sehingga ia sangat bersyukur, tim resimen mahasiswa “Agni Yudha” UTY dapat memperoleh juara. Semoga dalam perlombaan-perlombaan lainnya setiap tim yang dikirim dapat mencetak juara-juara dalam bidang  tertentu dan tentunya mengharumkan nama satuan dan kampus, harapnya.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UTY, Drs. Surya Darmawan, MM menyampaikan apresiasi atas prestasi MENWA tersebut. Menurutnya selain meraih berbagai prestasi, manfaat lain yang didapatkan dari keaktifan Menwa UTY mengikuti berbagai kegiatan lomba adalah memiliki kesempatan untuk bertemu dengan banyak resimen mahasiswa se-Indonesia. Hal ini memberikan keakraban dan bertukar pengalaman yang dapat meningkatkan wawasan dan keterampilan. Dengan adanya keakraban antar resimen mahasiswa seluruh Indonesia, persatuan akan terjalin erat sehingga mampu memberikan kontribusi pertahanan kepada negara dan bangsa.