Berkolaborasi Dengan Badan Kesbangpol DIY, UTY Turut Sosialisasikan Bahaya Narkoba Di Kalangan Mahasiswa DIY

Berkolaborasi dengan Badan Kesbangpol DIY, UTY Turut Sosialisasikan Bahaya Narkoba di Kalangan Mahasiswa DIY

Berkolaborasi dengan Badan Kesbangpol DIY, UTY Turut Sosialisasikan Bahaya Narkoba di Kalangan Mahasiswa DIY


Pada hari Rabu (15/6) Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali laksanakan kegiatan sosialisasi bahaya narkoba, kepada mahasiswa di berbagai perguruan tinggi di DIY. Kegiatan ini diketahui telah dilaksanakan secara luring di Atrium Hotel & Resort Yogyakarta. Pada acara tersebut, Badan Kesbangpol DIY turut mengundang UTY untuk menghadirkan Dosen, yang diminta untuk mengisi acara tersebut sebagai narasumber. Hal ini sebagai salah satu bentuk implementasi dari kerja sama yang telah terjalin antara UTY dengan Badan Kesbangpol DIY. Adapun dosen UTY yang menjadi narasumber pada kegiatan ini ialah Lucitania Rizky, S.IP., MA, yang merupakan Kepala Bidang Kemitraan dan Hubungan Internasional (KHI) UTY. 


Hadir sebagai peserta ialah beberapa perwakilan mahasiswa dari beberapa Perguruan Tinggi yang terdapat di DIY, yaitu dari Akparda Yogyakarta, UNU Yogyakarta, STIKES Al-Islam Yogyakarta, Politeknik YKPN, Poltekkes Karya Husada, Poltekkes Ummi KHA, AKPN BAHTERA, AAK Manggala, dan dari AKPY Stiper. Selain itu, turut hadir narasumber lainnya yang turut menyampaikan berbagai materi sesuai dengan bidangnya masing-masing. Adapun narasumber lainnya yang turut hadir ialah Venny Hidayat, M. Psi., Psikolog dari PT Mitra Optima Talenta dan Boni Yudi Rusdi Nainggolan yang merupakan Konselor Adiksi dari Yayasan Pemulihan Eikana Gunungkidul.


Melalui kegiatan sosialisasi tersebut, diketahui Lucitania sebagai narasumber, telah mengangkat topik mengenai Sinergi dalam P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba) di Lingkungan Kampus dan Menyiapkan Pemuda sebagai Kader Anti Narkoba. Dalam penyampaiannya, Lucitania secara mendetail telah menjelaskan terkait 4 rancangan kegiatan mahasiswa, yang nantinya dapat menjadi aksi nyata terkait sosialisasi P4GN di Lingkungan Kampus. Adapun 4 rancangan yang dimaksud tersebut antara lain, pembentukan organisasi mahasiswa yang bertugas sebagai Satgas anti narkoba, penyebaran informasi dan edukasi tentang P4GN dalam PKKMB, kampanye anti narkoba, dan deklarasi kampus BERSINAR (kampus bersih dari narkoba).


Lucitania Rizky, S.IP., MA, selaku Kepala Bidang KHI UTY yang sekaligus menjadi narasumber pada acara tersebut, turut menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan kegiatan ini. Lebih lanjut, Luci juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Badan Kesbangpol DIY atas terlaksananya kolaborasi ini, karena UTY memang sejak awal selalu berkomitmen untuk mendukung Pemerintah, untuk menjalankan aksi gerakan anti narkoba.


“Tentu, kami sangat menyambut baik adanya kolaborasi ini. Artinya, tidak harus menunggu lama, UTY bersama dengan Badan Kesbangpol DIY dapat segera mengimplementasikan rencana kerja sama, yang telah terjalin antara kedua lembaga ini. Terlebih, acara yang dilaksanakan kali ini sangat relevan dengan komitmen UTY, yang sangat mendukung gerakan anti narkoba, utamanya gerakan anti narkoba di lingkungan Kampus” ucap Lucitania.


Mengakhiri pesannya, Luci turut menyampaikan harapannya, agar kedepannya akan semakin banyak kolaborasi-kolaborasi lainnya yang dapat segera dilaksanakan oleh UTY dan Badan Kesbangpol DIY. Hal ini sebagai bentuk kesungguhan UTY dalam rangka mengimplementasikan setiap rencana kerja sama yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.


menu
menu