​Dies Natalis Ke 17 : Tingkatkan Dan Kembangkan Kualitas Sumber Daya Untuk UTY Hebat

​Dies Natalis ke 17 : Tingkatkan dan Kembangkan Kualitas Sumber Daya untuk UTY Hebat

Dies Natalis ke 17 : Tingkatkan dan Kembangkan Kualitas Sumber Daya untuk UTY Hebat

Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), di tanggal 23 Oktober 2019 ini, genap berusia 17 tahun. Puncak acara Dies Natalis UTY ke 17 diselenggarakan dengan acara Penyampaian Laporan Tahunan oleh Rektor UTY dan Ketua Yayasan Dharma Bhakti IPTEK, terkait kinerja selama periode Oktober 2018 – Oktober 2019. Seluruh keluarga besar UTY dari Pengurus Yayasan, Rektorat, semua Pejabat di lingkungan UTY, seluruh TenagaPendidikan dan Tenaga Kependidikan hadir dalam acara yang diselenggarakan di Kampus 1 UTY, pada hari Rabu tanggal 23 Oktober 2019 tersebut.

Dalam laporannya, Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM., Akt., CA menyampaikan kinerja dan prestasi-prestasi yang diraih UTY dari sisi Akademik dan Riset, Sumber Daya Manusia Tenaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Kemahasiswaan, serta Inovasi dan Kreatifitas.

Dalam kesempatan itu, Bambang Moertono juga menyampaikan arah dan kebijakan UTY ke depan. “Peningkatan dan pengembangan sumber daya, menjadi hal yang akan diprioritaskan di tahun mendatang” ungkapnya. Berdasar prioritas tersebut, maka tema Dies Natalis UTY ke-17 adalah, “Meningkatkan dan Mengembangkan Kualitas Sumber Daya untuk UTY Hebat”. Menurutnya, tanpa sumber daya yang kompeten dan inovatif, akan sulit diperoleh kinerja yang membuahkan hasil maksimal. Untuk itu, Rektor UTY menyampaikan bahwa Pusdiklat dan Bidang SDM akan lebih diperankan, agar dapat membina dan melatih tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, guna mencapai kualifikasi dengan standar tinggi. Selain itu, hal yang terus diperhatikan adalah kualifikasi dosen, agar dapat mencapai gelar doktor dan tersertifikasi sebagai tenaga pendidik.

Sementara itu, Ketua YayasanDharma Bakti IPTIK, Prof. Dr. Hj. Zulhawati, M.M. menyampaikan bahwa berbagai tantangan di masa depan harus dapat diantisipasi dari sekarang. Begitu pula oleh UTY, berbagai peluang dan tantangan, harus diantisipasi melalui stratagi yang baik dan matang. Prof Zulhawati menyampaikan bahwa pengangkatan tenaga dosen dan pembukaan prodi baru, terus disesuaikan dengan kebutuan yang akan datang. Hal itulah yang menjadikan UTY dapat berjalan dinamis di masa-masa berikutnya. Dalam laporannya, Prof Zulhawati menyampaikan perkembangan dan peningkatan dukungan sarana prasarana guna terselenggaranya proses pendidikan yang lebih baik. Prof Zulhawati menyebutkan, selama satu tahun terakhir ini telah dilakukan perluasan lahan baik di Kampus 1 maupun Kampus 2 UTY, penambahan bangunan, serta fasilitas-fasilitas lainnya yang bertambah secara sangat signifikan.

Sedangkan Drs. H. Iskandar Abdurrahman, selaku Ketua Pembina Yayasan Dharma Bhakti IPTEK, menyampaikan tentang pentingnya dosen untuk terus meningkatkan kualitas pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni mengajar, meneliti, dan pengabdian masyarakat. H. Iskandar mendorong para dosen untuk dapat lebih produktif meneliti agar dapat meningkatkan kualitas mengajar, memberikan manfaat bagi masyarakat, serta kenaikan pangkat dapat lebih lancar. Lebih lanjut H. Iskandar mengingatkan para tenaga pendidik dan tenaga kependidikan bisa lebih banyak bersyukur dengan kemajuan UTY.

Dalam acara Dies Natalis UTY ke-17 kali ini, juga ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Rektor. Potongan tumpeng kemudian diberikan kepada Ketua Yayasan yang selanjutnya diserahkan lagi kepada Ketua Dewan Pembina Yayasan Dharma Bhakti IPTEK.

menu
menu