Dosen UTY Terpilih Sebagai Reviewer Nasional PKM 2021

Dosen UTY Terpilih Sebagai Reviewer Nasional PKM 2021

Dosen UTY Terpilih Sebagai Reviewer Nasional PKM 2021

Dosen Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) berhasil lolos dan terpilih, sebagai reviewer nasional/tim penilai pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2021. PKM merupakan kegiatan tahunan, yang secara rutin diadakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Tahun ini, terdapat 2 dosen UTY yang terpilih untuk menjadi reviewer, dari total 441 reviewer yang lolos dari seluruh Indonesia. Dosen tersebut ialah Puji Utomo, ST., M.Eng dari Prodi Teknik Sipil dan Yanies Novira Soedarmadi, S.Psi., M.Psi dari Prodi Psikologi.

Puji dan Yanies menjelaskan bahwa cukup panjang proses yang harus dilalui, hingga kemudian dapat terpilih sebagai reviewer nasional PKM 2021. Proses diawali, adanya undangan dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan RI kepada perguruan tinggi di Indonesia yang ditunjuk (termasuk UTY), untuk mengirimkan dosen dalam mengikuti kegiatan Training of Trainers (ToT) Penilai PKM tahun 2021. Adapun salah satu syarat utama, untuk mengikuti ToT tersebut ialah dosen yang pernah menjadi pembimbing/pendamping PKM, yang lolos pendanaan atas proposal yang diajukan pada periode sebelumnya. Dalam rangka mengikuti ToT tersebut, setiap peserta nantinya akan diminta untuk mengikuti pre-test dan post-test terkait dengan pelaksanaan PKM. Diketahui terdapat 200 peserta yang dinyatakan lolos atas pelaksanaan ToT tersebut.

Lebih lanjut, Puji menjelaskan bahwa, peserta yang dinyatakan lolos dari ToT, akan diminta untuk mengikuti kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) calon penilai PKM 2021. Pada kegiatan tersebut, 200 peserta yang lolos dari ToT, akan digabungkan dengan calon penilai lainnya, yang merupakan peserta, yang pernah menjadi reviewer PKM pada periode sebelumnya. Setelah digabung, diketahui total peserta yang berhak mengikuti bimtek tersebut ialah sebanyak 581 peserta. Tidak berbeda jauh dengan pelaksanaan ToT, peserta yang mengikuti bimtek, juga diminta mengikuti pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil tes tersebut, diketahui hanya 441 peserta yang dinyatakan lolos dan secara otomatis peserta yang dinyatakan lolos tersebut, ditetapkan sebagai reviewer nasional PKM tahun 2021.

“Tentunya, kami sangat bersyukur diberikan kesempatan dan pengalaman, untuk menjadi reviewer nasional PKM tahun ini. Semoga kami dapat melaksanakan tugas kami dengan maksimal” ucap Yanies. Lebih lanjut, Yanies menyatakan bahwa, dengan terpilihnya sebagai reviewer PKM tahun ini, maka kami selaku reviewer, akan diberikan tanggung jawab besar, sebagai pihak yang akan melakukan penilaian atas ribuan proposal PKM yang telah di submit oleh peserta tahun ini.

Dr. Eko Setyo Humanika, M.Hum, selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UTY, turut mengucapkan rasa syukur dan bangga, dengan lolosnya 2 dosen dari UTY sebagai reviewer nasional PKM tahun ini. Tentunya, hal ini akan memberikan dampak positif bagi UTY kedepannya. Pengalaman yang didapat sebagai reviewer PKM, nantinya dapat digunakan sebagai bahan perbaikan internal dan penyusunan strategi bagi UTY kedepannya, untuk mengikuti kegiatan PKM di periode selanjutnya.

Terakhir, dalam pesannya, Eko juga menyampaikan, agar dosen UTY yang terpilih dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan maksimal, serta dapat menjadikan pengalaman ini, sebagai wadah untuk belajar sebanyak mungkin, agar ilmu yang didapat, kemudian dapat ditularkan kepada rekan-rekan UTY yang lain. “Pengalaman Pak Puji dan Bu Yanies sebagai reviewer nasional, akan menjadi sebuah momen yang baik bagi mereka untuk belajar sebanyak-banyaknya. Harapan saya, perolehan ilmu dan pengalaman tersebut, nantinya dapat menjadi pemicu dan strategi, untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas proposal PKM dari UTY kedepannya” ucap Eko.

menu
menu