Kuliah Umum Menristekdikti Di UTY : Open Mind, Heart & Willing

Kuliah Umum Menristekdikti di UTY : Open Mind, Heart & Willing

Sabtu, 2 Februari 2019, Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) kembali dikunjungi Menteri Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Prof. M. Nasir, Ph.D.,Ak. Kedatangannya ke kampus UTY kali ini untuk memberikan kuliah umum kepada tenaga pendidik di lingkungan UTY.

Mengawali kuliah umumnya, M. Nasir menyampaikan bahwa kedatangannya ke UTY serasa kembali ke kampus lama. “Saya datang ke sini, ke UTY, merasa seperti kembali datang ke kampus lama,” tuturnya, yang langsung disambut tepuk tangan oleh seluruh hadirin. Pada kesempatan itu M. Nasir menyampaikan kuliah kepada seluruh tenaga pendidik UTY dengan tema tentang Peran Perguruan Tinggi di Era Industri 4.0. Dalam paparannya Menristekdikti menyampaikan berbagai problematika perguruan tinggi di era Industri 4.0. Inovasi dan teknologi menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan jika ingin bersaing di era industri 4.0, ungkapnya. Untuk itu ia mengingatkan agar perguruan tinggi harus memunyai inovasi dalam menghadapi perubahan global. Terkait dengan informasi yang terbuka secara luas dan global di era ini, M. Nasir mengatakan bahwa untuk menghadapinya kita harus bersikap open mind, heart & willing. Menurutnya, keterbukaan dan kesiapan baik secara wawasan, hati dan kemauan untuk maju, merupakan kunci untuk bisa eksis di era yang terus bergerak dan berubah saat ini. Menristek juga mengingatkan bahwa kemampuan beradaptasi dengan literasi yang baru adalah sebuah pilihan bagi perguruan tinggi. Sebagaimana ungkapan penutup yang kemudian disampaikan oleh Menristek, “Tua itu pasti, dewasa adalah pilihan.”

Sementara itu Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, M.M., Ak. C.A., dalam sambutannya mengatakan bahwa, “Perguruan tinggi di era digital harus dapat bersikap adaptif sekaligus menjaga karakter Indonesia.” Atas dasar itulah maka UTY telah melakukan berbagai upaya untuk menjawab tuntutan di era digital saat ini. Pentingnya kreatifitas dan inovasi, disikapi secara khusus oleh UTY, diantaranya pada periode ini di UTY ada Wakil Rektor Bidang Kreatifitas, Inovasi dan Kewirausahaan. Dan secara umum, kami telah melakukan penyesuaian kurikulum, metode, dan sarana prasarana di lingkungan UTY untuk menyiapkan diri menghadapi era digital saat ini,” kata Rektor UTY. Kuliah umum kepada para Tenaga Pendidik UTY yang berlangsung di Kampus 1 UTY tersebut selain dihadiri para Pengurus Yayasan Dharma Bhakti IPTEK, diantaranya Ketua Dewan Pembina, Drs. H Iskandar Abdurrahman, Ketua Yayasan, Prof. Dr. Hj Zulhawati, MM, juga dihadiri pula oleh para Pejabat Kemenristekdikti RI, yakni Sekjen Kemenristek Dikti, Prof. Ainun Naim, Ph.D, Dirjen Sumber Daya Iptek & Dikti, Prof dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc., Ph.D, Dirjen Kemenristek Dikti, Prof Ismunandar. Disamping itu juga dihadiri oleh Komisaris Utama Jasa Marga, Drs. Sapto Amal Damanrai, Akt, CPA.

menu
menu