Mahasiswa UTY, Buat Inovasi Deteksi Bakat Dan Minat Karir Berbasis Multimedia Interaktif

Mahasiswa UTY, Buat Inovasi Deteksi Bakat dan Minat Karir Berbasis Multimedia Interaktif

Mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling Universitas Teknologi Yogakarta (UTY) berhasil membuat inovasi berupa Multimedia Interaktif untuk mendeteksi bakat serta minat siswa.

Gambar. Multimedia Interaktif Deteksi Bakat dan Minat Karir

Ide yang melandasi terciptanya inovasi tersebut didasarkan atas keprihatinan dengan masih banyaknya fenomena yang terjadi pada peserta didik Sekolah Lanjutan Atasyang masih bimbang dan ragu dalam mengambil keputusan studi lanjut atau arah karir. Hal ini disebabkan oleh minimnya keterampilan memahami kapasitas diri (self understanding). Padahal, rendahnya kemampuan memahami diri (kelebihan, kekurangan, minat, serta ciri perilaku) menjadi sebab utama kegagalan peserta memetakan masa depan dan mengambil keputusan karir baik studi lanjut maupun bekerja. Pengambilan keputusan pilihan prodi studi lanjut atau karir yang tepat dan bertanggung jawab akan menentukan depan dan profesionalitas seseorang.

Inovasi yang dihasilkan dari kajian secara mendalam dalam suatu proses perkuliahan Bimbingan dan Konseling Karir , yang dipadukan dengan kemampuan di bidang teknologi informasi tersebut akan membantu peserta didik dalam memahami kelebihan dan kekurangan diri, serta bentuk pekerjaan seperti apa yang paling diminati dan sesuai dengan dirinya.

Gambar Hexagonal Model John Holland

Adapun media deteksi minat karir dengan inovasi multimedia interaktif tersebut berdasar pada teori karir John Holland yang mengklasifikasikan jenis minat serta kualifikasi pekerjaan ke dalam 6 (enam) tipe, yaitu; Realistic, Investigatif, Art,

Social, Enterpreuner, dan Convensional. Tipe-tipe tersebut dipetakan dalam sebuah Hexagonal yang mengilustrasikan kedekatan atau keidentikan suatu minat/kualifikasi pekerjaan dengan minat/kualifikasi pekerjaan lainnya. Media identifikasi minat karir tersebut dilengkapi dengan 60 (enap puluh) butir pernyataan yang hasilnya dapat dijadikan kesimpulan minat karir seseorang dan juga kualifikasi pekerjaan yang sesuai dengan dirinya.

Produk inovasi deteksi minat karir yang dikembangkan mahasiswa Bimbingan dan Konseling UTY ini rencananya akan dikembangkan lebih lanjut melalui proses penelitian kolaboratif dosen dan mahasiswa menjadi deteksi minat karir berbasis android yang teruji efektivitas dan validitasnya.

Dr.Arief Hermawan, MT Wakil Rektor I Bidang Akademik UTY mengapresiasi inovasi deteksi bakat dan minat karir, karya mahasiswa Bimbingan Konseling tersebut.Hal ini sejalan dengan apa yang teklah diupayakan oleh UTY dalam menyambut era industri 4.0.Karya-karya mahasiswa dalam bidang teknologi tersebut juga sejalan dengan visi UTY untuk menekankan aspek teknologi pada semua prodi.Termasuk adopsi teknologi yang dilakukan oleh mahasiswa Bimbingan Konseling tersebut, tambah Arief Hermawan.

menu
menu