Mahasiswa UTY Kembali Terima Hibah Pendanaan PKM Dari Pemerintah

Mahasiswa UTY Kembali Terima Hibah Pendanaan PKM dari Pemerintah

Mahasiswa UTY Kembali Terima Hibah Pendanaan PKM dari Pemerintah

Mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), kembali raih prestasi membanggakan. Kali ini, terdapat 4 tim mahasiswa dari berbagai prodi yang terdapat di UTY, kembali berhasil lolos hibah pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) RI. Total, tahun ini secara keseluruhan mahasiswa UTY yang lolos hibah pendanaan tersebut, berhasil meraih total pendanaan dari Pemerintah mencapai Rp23.200.000, untuk pendanaan PKM pada bidang PKM Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Pengabdian Masyarakat (PKM-PM), dan PKM Video Gagasan Konstruktif (PKM-VGK).

Proposal yang lolos pendanaan tersebut, merupakan karya yang dihasilkan oleh 18 mahasiswa UTY dari berbagai Prodi (dari Prodi Teknik Sipil, Ilmu Hubungan Internasional, Manajemen, Teknik Elektro dan Perencanaan Wilayah Kota), yang terbagi menjadi 4 tim. Adapun ketua tim untuk masing-masing proposal yang lolos pendanaan ini antara lain ialah Faishol Budhi S dan Riski Dwi Nugroho dari Prodi Teknik Sipil, dengan dosen pembimbing ialah Puji Utomo, S.T., M.Eng. Selain itu ialah Nandita Dwi A dari Prodi Perencanaan Wilayah Kota dengan dosen pembimbing Annisa Muawanah Sukmawati, ST., MT, dan yang terakhir ialah Hendrik Andung N dari Prodi Teknik Sipil, dengan dosen pembimbing ialah Nanda Melyadi Putri, ST., M.Eng.

Tidak berbeda jauh dengan tahun lalu, PKM yang dlaksanakan tahun ini selalu menjadi agenda rutin, yang diselenggarakan oleh Kemdikbud Ristek RI melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa). Melalui program ini, Kemdikbud Ristek RI akan menyeleksi proposal PKM yang terbaik, yang telah disusun oleh berbagai mahasiswa dari seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia (Baik PTN maupun PTS). Nantinya, setiap penerima pendanaan PKM terpilih, akan diseleksi kembali untuk dipilih mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas). Diketahui bahwa, pada tahun ini terdapat 8 bidang PKM yang ditawarkan. 

Ir. Joko Sutopo, ST., MT., IPU selaku Wakil Rektor IV Bidang Kreativitas, inovasi dan Kewirausahaan UTY, dalam pesannya turut menyampaikan apresiasinya kepada tim mahasiswa UTY dan dosen pembimbing untuk masing-masing tim, atas prestasi ini. Lebih lanjut Joko menjelaskan bahwa, dengan lolosnya kembali tim UTY yang menerima pendanaan PKM tahun ini, telah menunjukkan kembali prestasi mahasiswa UTY yang mampu bersaing secara nasional, dengan berbagai mahasiswa baik dari PTN maupun PTS. Mengingat PKM merupakan sebuah kegiatan bergengsi, yang diikuti oleh berbagai mahasiswa di seluruh Indonesia.

Melanjutkan pesannya, Joko turut menyampaikan harapannya, agar setiap tim dari UTY yang lolos pendanaan PKM ini, dapat mengimplementasikan dengan maksimal setiap program PKM yang didanai tersebut, hingga memiliki dampak nyata dan sebagai solusi atas berbagai masalah yang dihadapi masyarakat.

“Besar harapan kami agar setiap tim UTY dapat menjalankan dengan maksimal program PKM yang didanai tersebut. Selain itu, kami dari UTY secara maksimal akan senantiasa melakukan pendampingan, pemantauan hingga evaluasi atas proses implementasi setiap program PKM oleh masing-masing tim UTY tersebut. Target kedepannya, besar harapan akan terdapat tim PKM dari UTY yang lolos pendanaan ini, dapat terpilih kembali mengikuti Pimnas tahun ini, layaknya pencapaian tahun lalu.

menu
menu