Mahasiswa UTY Kenalkan Indonesia Ke Warga Lithuania

Mahasiswa UTY Kenalkan Indonesia ke Warga Lithuania

Mahasiswa UTY Kenalkan Indonesia ke Warga Lithuania


Mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), yang berkolaborasi dengan 4 orang mahasiswa Indonesia lainnya beserta dengan Vyatautas Magnus University, menyelenggarakan kegiatan untuk memperkenalkan Indonesia kepada warga Lithuania. Adapun mahasiswa UTY tersebut ialah Ristan Taufiq Syukrianto (mahasiswa Prodi Sastra Inggris), yang saat ini sedang berkuliah di Vyatautas Magnus University Lithuania, bersama dengan keempat mahasiswa Indonesia lainnya. Mereka dapat berkuliah selama 1 semester di Vyatautas Magnus University, atas beasiswa yang telah diraih, melalui program “Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA)” tahun 2021, yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI.


Kegiatan yang berfokus memperkenalkan Indonesia ini, diketahui telah diselenggarakan pada akhir Oktober lalu. Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari, dilokasi yang berbeda. Pada hari pertama, kegiatan yang dilakukan berupa school visit, yang dilaksanakan di salah satu SMP yang terdapat di Lithuania, tepatnya yaitu di Vytauto Didžiojo Universiteto Ugnės Karvelis Gimnazija. Ristan bersama rekan-rekannya, diketahui melakukan presentasi mengenai Indonesia, langsung dihadapan para siswa dari sekolah tersebut.


Sedangkan pada hari kedua, kegiatan ini diketahui dilaksanakan di Vyatautas Magnus University itu sendiri, dengan peserta berupa mahasiswa dari Prodi East Asian Studies Vyatautas Magnus University. Selain dihadiri oleh para mahasiswa tersebut, Assoc. Prof. Dr. Auerelijus Zykas, yang merupakan expert mengenai east asian studies dari kampus tersebut, juga turut menghadiri dan berdiskusi dalam kegiatan tersebut. Pada hari kedua ini, diketahui juga bahwa, Ristan secara khusus turut melakukan presentasi pada kegiatan diskusi tersebut, yang mengangkat tema mengenai “Intercultural Communication di Indonesia”. Selain memperkenalkan Indonesia lewat presentasi dan diskusi, di akhir acara, diketahui Ristan bersama dengan rekannya, turut menyajikan makanan khas dari Indonesia bagi seluruh peserta. Adapun makanan khas yang dimaksud tersebut ialah soto.


Anang Widodo, S.S., M.Pd, selaku Kaprodi Sastra Inggris Program Sarjana UTY, turut mengapresiasi dan sangat bangga atas kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Ristan tersebut. Terlebih Ristan diketahui telah ditunjuk menjadi ketua panitia dari kegiatan tersebut, sekaligus menjadi salah satu pemateri, yang telah menyampaikan berbagai hal mengenai Indonesia kepada Warga Lithuania. Harapannya, melalui kegiatan ini semakin banyak warga dunia yang semakin mengenal Indonesia, mulai dari budayanya, geografisnya, dan masih banyak lagi.


“Terima kasih kami ucapkan kepada Ristan, yang selalu aktif melakukan berbagai kegiatan yang positif selama berkuliah di Lithuania. Saya meyakini bahwa, Ristan akan senantiasa mempromosikan maupun mengenalkan Indonesia dan UTY kepada Warga Lithuania, dengan berbagai bentuk kegiatan yang kreatif. Harapannya tentu, melalui Ristan yang mewakili para pemuda Indonesia, akan semakin banyak warga Lithuania yang semakin mengenal Indonesia termasuk UTY, hingga kemudian mereka akan berkeinginan untuk datang ke Indonesia dengan berbagai tujuan yang positif, setelah melihat banyaknya potensi dari Indonesia. Ristan punya kapabilitas untuk melakukan hal tersebut” ucap Anang dalam pesannya.


menu
menu