Membangun Kedisiplinan, Cinta Tanah Air, Semangat Dan Ketangguhan

Membangun Kedisiplinan, Cinta Tanah Air, Semangat dan Ketangguhan

Membangun Kedisiplinan, Cinta Tanah Air, Semangat dan Ketangguhan

Kedisiplin merupakan kunci utama dalam membangun karakter unggul. Dengan mengaplikasikan sikap disiplin dalam kehidupan sehari-hari, sikap positif lainnya terutama sikap bertanggungjawab akan mengikutinya. Jika kedisiplinan sudah melekat dan menjadi karakter seorang mahasiswa yang notabene sedang menyiapkan masa depan, maka tugas-tugas dan berbagai masalah dalam kuliah dan kehidupan yang terkait, akan lebih mudah terselesaikan, dan tidak mudah terpengaruh pada hal-hal negatif atau yang tidak penting.

Mengingat arti penting pembentukan karakter unggul yang dimulai dari sikap disiplin tersebut, sejak Tahun Akademik 2012/2013 lalu, Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), melakukan pelatihan bagi Mahasiswa Baru UTY, yang dikemas dalam bentuk outbond, guna membentuk karakter unggul. Adapun outbond bagi Mahasiswa Baru UTY Tahun Akademik 2019/2020 ini diselenggarakan pada hari Selasa sampai Sabtu (10-14 September 2019), bertempat Di Bumi Perkemahan - Bhumi Merapi Jl. Kaliurang KM 19 Pakem Sleman Yogyakarta. Sebanyak 3.150 Mahasiswa Baru UTY mengikuti outbond tersebut, yang dibagi dalam 5 batch.

Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM., Akt, CA saat membuka kegiatan outbond tersebut menyampaikan bahwa UTY berkomitmen tinggi dalam mendidik mahasiswa untuk menjadi lulusan yang memiliki kompetensi tinggi sekaligus memiliki karakter yang unggul, terutama dalam kedisiplinan. Sehingga outbond Mahasiswa Baru UTY, secara khusus mendatangkan instruktur dari Group 2 Kopassus Kartasura. Kehadiran instruktur dari Kopassus tersebut juga dimaksudkan untuk menanamkan rasa cinta tanah air. Menurut Bambang Moertono, rasa cinta tanah air merupakan hal yang sangat penting ditanamkan sejak dini bagi generasi muda, demi keutuhan, kejayaan, dan kemajuan bangsa Indonesia.

Bambang Moertono menegaskan bahwa komitmen UTY tidak hanya sebatas membekali mahasiswa dengan kompetensi akademik saja. Namun tidak kalah penting juga pemberian bekal softskill untuk menjadi pribadi berkarakter unggul. Sehingga ia berpesan kepada peserta outbond dapat mengikuti semua kegiatan dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati. “Bekal dari instruktur dalam outbond ini sangat sangat bermanfaat untuk menggapai kesuksesan di masa depan”, tuturnya.

Mengakhiri sambutannya, Bambang Moertono menyampaikan bahwa penyelenggaraan outbond ini merupakan bentuk keseriusan UTY dalam membangun karakter unggul. Untuk itu ia berharap para mahasiswa nantinya dapat mengaplikasikan hasil outbond ini melalui sikap dan perbuatan sehari-hari yang disiplin, berkualitas, berkarakter unggul, menghargai dan menghormati sesama mahasiswa, keluarga besar UTY dan lingkungan. Tunjukkan pula hasil “gemblengan” latihan sehari ini, dengan sikap positif kepada orang tua, agar mereka bisa tersenyum bahagia, karena putra-putrinya menjadi pribadi yang penuh semangat dan berahlak mulia, tambahnya.

Selama satu hari penuh para mahasiswa digembleng oleh instruktur. Para peserta diberikan latihan fisik melalui senam konsentrasi dan baris-berbaris. Selain itu, peserta ditempa secara mental untuk selalu memiliki motivasi belajar tinggi, disiplin, menejemen waktu, bekerja secara berkualitas, meninggalkan jauh-jauh rasa malas, kerjasama, rasa bangga dan memiliki terhadap almamater, serta ketangguhan dalam berusaha.

Beberapa kegiatan dalam outbond tersebut diantaranya senam konsentrasi, baris berbaris, yel-yel, pemutaran film kejuangan, dan turun tebing dengan ketinggian lebih dari 50 meter.Semua peserta terlihat antusias dalam mengikuti seluruh kegiatan outbond tersebut.

Di akhir kegiatan, dilakukan lomba antar kompi, dengan materi yang telah diberikan instruktur. Adapun kriteria/aspek yang dinilai terdiri kekompakan gerakan, semangat, dan suara. Kompi pemenang diberikan hadiah, sedangkan kompi yang kalah, diberikan ‘hukuman’ masuk di sungai yang ada di tepi tempat latihan.

Meskipun sangat melelahkan, usai penutupan acara outbond tersebut semua peserta masih menunjukkan semangat yang tinggi. Mereka mengungkapkan sangat puas dan sangat terkesan dengan kegiatan outbond tersebut.

menu
menu