Menristekdikti RI Apresiasi Becak Listrik UTY

Menristekdikti RI Apresiasi Becak Listrik UTY

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Prof. Muhamad Nasir, PhD., Akt. mengapresiasi Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) yang telah mengembangkan becak listrik. Apresiasi tersebut disampaikan usai Prof. M. Nasir menyampaikan kuliah umum kepada seluruh Tenaga Pendidik UTY di Kampus 1 UTY bertajuk “Peran Pendidikan Tinggi Era Industri 4.0” (Sabtu 2 Februari 2019).

Pada kesempatan itu, Prof. M. Nasir hadir di UTY didampingi para pejabat Kemenristekdikti RI, diantaranya Sekjen Kemeristekdikti Prof. Ainun Naim, PhD., MBA, Direktur Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, PhD., MSc, dan Dirjen Belmawa, Prof. Ismunandar, Ph.D. Selain itu hadir juga Komisaris Utama PT. Jasa Marga, danKoordinator L2Dikti Wilayah V Yogyakarta.

Disaksikan para pejabat Kemenristekdikti, dan tamu undangan lainnya, Prof. M. Nasir menyempatkan diri mencoba menaiki becak listrik karya UTY, yang dikayuh oleh Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM., Ak., CA.Iapun mendorong pengembangan inovasi becak listrik UTY tersebut. Menurutnya, becak listrik memiliki berbagai keunggulan diantaranya ramah lingkungan/minim polusi, dan dapat membantu produktifitas para tukang becak.

Joko Sutopo, ST., MT, Wakil Rektor IV UTY Bidang Kreatifitas, Inovasi dan Kewirausahaan menyampaikan bahwa idenya untuk mengembangkan inovasi becak dengan tenaga penggerak listrik didasari pemikiran untuk meringankan kerja para tukang becak. Selain itu penggunaan energi terbarukan tersebut diharapkan dapat mengurangi penggunaan energi fosil yang jumlahnya semakin terbatas.Menurut Joko Sutopo, becak listrik juga cocok untuk moda transportasi di Jogja yang merupakan kota wisata. Kehadiran becak listrik yang tidak menimbulkan polusi di lokasi-lokasi wisata akan menjadikan lokasi wisata tetap terjaga keasriannya. Joko Sutopo menyampaikan bahwa UTY akan terus mengembangkan teknologi becak listrik yang telah ada saat ini, dengan terus berupaya agar daya jelajahnya menjadi lebih jauh dan tenaga yang dihasilkan semakin besar.

menu
menu