Pahami Trend Aplikasi Teknologi Pada Dunia Industri

Pahami Trend Aplikasi Teknologi Pada Dunia Industri

Perkembangan dunia industri khususnya dalam aplikasi teknologi, mengalami perkembangan pesat seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat akhir-akhir ini. Hal ini menjadi tantangan besar yang akan dihadapi oleh mahasiswa ketika nantinya meniti karir dalam dunia teknologi. Bekal ilmu di bangku kuliah akan terasa kurang jika tidak diikuti dengan pengetahuan dan pemahaman tentang perkembangan industri terkini. Sejalan dengan kebutuhan untuk memahami trend aplikasi teknologi yang berkembang di dunia industri saat ini, Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMASI) Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) kembali mengadakan kunjungan industri. Kunjungan dilakukan selama 5 hari (21-25 Januari 2019) di Jakarta dan Bandung. Dalam kunjungan tersebut, Himasi UTY mengunjungi BPPT, KOMINFO, PUSINTEK , Microsoft, NetTV, JSC, De Ranch dan Floating Market.

Saat berkunjung di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Himasi UTY yang didampingi oleh 4 Dosen Pembimbing, diterima langsung oleh Kepala Balai Inkubator Teknologi BPPT Dr. Ir. Anugrah Widiyanto, Bsc., M.Eng. Kunjungan mahasiswa UTY ke BPPT tersebut merupakan salah satu realisasi dari MoU antara UTY dengan BPPT yang telah ditandatangai beberapa waktu lalu.

Kepada mahasiswa UTY, Anugerah Widiyanto menyampaikan bahwa BPPT melalui Balai Inkubator Teknologi (BIT) berperan aktif menjalankan intermediasi teknologi serta difusi dan komersialisasi teknologi untuk menciptakan perusahaan pemula berbasis teknologi. Untuk itu BIT memiliki program menumbuhkan enterpreneur-enterpreneur baru yang berdaya saing dengan pemanfaatan teknologi dan inovasi. Pada kesempatan tersebut mahasiswa UTY juga diberikan penjelasan secara detail terkait teknologi-teknologi yang dikembangkan di BPPT. Mahasiswa UTY juga diajak untuk melihat berbagai infrastruktur yang ada di BPPT. Pada kesempatan itu, Anugrah Widiyanto menunjukkan produk-produk dari tenant yang sedang dan telah lulus diinkubasi oleh BPPT. Termasuk diantaranya ditunjukkan beberapa tenant yang telah berhasil mengembangkan bisnisnya, dimana produknya telah dimanfaatkan oleh konsumen secara luas baik di dalam maupun luar negeri.

Disebutkannya, pada bulan Oktober 2018 lalu dua tim mahasiswa UTY juga terpilih untuk seleksi tenant / calon wirausahawan bidang teknologi guna diikubasi oleh BPPT. Satu tim mengusung bisnis e-parking untuk mengelola parkir secara online, dan satu tim lagi merancang bisnis online yang bergerak dalam bidang pangkas rambut yang mengambil nama Say-Tampan.

Usai belajar di BIT, mahasiswa UTY melakukan kunjungan ke Balai Besar Teknologi Energi (B2TE) BPPT. Di Balai tersebut mahasiswa UTY mendapat penjelasan tentang kegiatan yang telah dilakukan oleh B2TE antara lain kegiatan penelitian dan pengkajian teknologi konversi, konservasi energi, dan pengujian-pengujian lainnya. Mahasiswa UTY juga diberi penjelasan tentang kegiatan penelitian dan pengembangan serta pengkajian di bidang teknologi energi, yang akan diaplikasikan di Indonesia, baik untuk masa sekarang maupun masa yang akan datang.

Terkait dengan kunjungan industri tersebut, Sutarman, PhD, M.Kom Dekan Fakultas Teknologi Informasi dan Elektro UTY menyampaikan bahwa ia sangat mendorong kegiatan tersebut untuk menggali keilmuan dan memahami trend yang berkembang dalam dunia industri, serta memahami aplikasi teknologi yang terdapat di dalamnya. Dengan cara demikian maka mahasiswa langsung dapat mengetahui secara langsung problematika di dalam dunia kerja, terutama dalam kaitannya dengan teknologi pada dunia industri. Adapun keikut sertaan para pembimbing juga diharapkan untuk dapat memberikan masukan untuk pengembangan isi dan mutu materi kuliah sesuai dengan tuntutan dunia kerja, lanjut Sutarman.

Mewakili para peserta kunjungan industri, Claudi mahasiswa prodi Sistem Informasi mengatakan, “saya sangat senang dapat mengikuti kegiatan kunjungan industri tahun ini, karena hasil yang didapat sangat banyak. Di semua instansi dan industri yang dikunjungi memberikan informasi teknologi terkini yang diterapkan di industri tersebut,” lanjut Claudi dengan antusias.

menu
menu