PEDULI MASALAH PERTANIAN, Mahasiswa HI UTY Raih Juara Ajang Lomba Ide Usaha

PEDULI MASALAH PERTANIAN, Mahasiswa HI UTY Raih Juara Ajang Lomba Ide Usaha

PEDULI MASALAH PERTANIAN,

Mahasiswa HI UTY Raih Juara Ajang Lomba Ide Usaha

Berangkat dari kepedulian terhadap masalah pertanian, dua mahasiswa Prodi Hubungan Internasional (HI) Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) raih juara 2 lomba Ide Usaha Tingkat Nasional. Keduanya adalah Oscar Dela Hoya Hasibuan dan Evania Hermalina Samay. Ajang lomba yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Informatika UNY ini memperebutkan piala Bupati Sleman.

Oscar dan Eva mencetuskan ide menggabungkan perkembangan teknologi dengan kebutuhan pada bidang pertanian. Ide yang dirancang berupa pembuatan aplikasi pertanian yang dinamakan Ayo Tanam. Aplikasi ini dirancang dengan kemampuan dapat mengontrol sistem pengairan, cuaca hingga PH tanah. Dengan penggunaan aplikasi yang masih berupa prototipe ini, maka aktivitas pertanian dapat dikendalikan dengan genggaman tangan. Bahkan, Oscar menyebut pengendalian sistem pertanian melalui aplikasi ini dapat dilakukan dari jarak jauh. Pemanfaatan internet sebagai media pendukung, menjadi salah satu elemen yang tak terpisahkan.

Dengan judul karya tulis Innovation in Smart Urban Farming: Aplikasi Berbasis Internet of Thing (IoT) Guna Mendeteksi Kondisi Tanaman dan New Life Style Bertani Lingkup Perkotaan, Oscar dan Eva menyasar generasi milineal untuk kembali mencintai pekerjaan di bidang pertanian. Menurut Oscar, saat ini banyak generasi muda yang sudah tidak lagi melihat petani sebagai pekerjaan yang diperhitungkan. Sebab itu, melalui aplikasi yang dirancang ini, diharapkan agar generasi milineal akan mempunyai kecenderungan mencintai pekerjaan di bidang pertanian.

Prototipe aplikasi yang dirancang Oscar dan Eva memperhitungkan pula ketersedian lahan pertanian dan kecenderungan jam kerja pada masyarakat saat ini. Minimnya lahan pertanian dan jam kerja masyarakat perkotaan, menjadikan ruang bertani jadi terkendala. Melalui aplikasi pertanian yang digagas Oscar dan Eva dengan nama “Ayo Tanam” ini, penggunaan lahan di area terbatas dan kebutuhan waktu yang minim, tetap dapat dimanfaatkan.

Kaprodi HI UTY, Tiffany Setyo Pratiwi, S.I.P, MA mengungkapkan apresiasinya kepada para mahasiswanya yang bisa berprestasi baik dalam konteks terkait dengan Prodi Hubungan Internasional, maupun dalam bidang yang lain. Untuk itu Tiffany akan terus mendukung mahasiswanya untuk dapat berkiprah pada ajang-ajang kompetisi baik Regional, Nasional maupun Internasional.

menu
menu