Pemantapan Dan Pembaretan MENWA UTY

Pemantapan dan Pembaretan MENWA UTY

Pemantapan dan Pembaretan MENWA UTY

Resimen Mahasiswa merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa di perguruan tinggi yang termasuk dalam UKM bidang minat khusus. Seorang calon resimen mahasiswa perlu melalui beberapa tahapan untuk menjadi anggota resimen mahasiswa indonesia. Salah satu tahapan tersebut adalah pemantapan dan pembaretan. Tujuan dari pemantapan dan pembaretan adalah untuk memantapkan calon anggota baru sebelum masuk menjadi anggota seutuhnya dan meningkatkan jiwa militan dari masing-masing calon anggota. Berdasarkan tujuan tersebut, Menwa “Agni Yudha” Universitas Teknologi Yogyakarta mengadakan pemantapan dan pembaretan dengan nama kegiatan “Pemantapan dan Pembaretan Calon Anggota Baru Resimen Mahasiswa “Agni Yudha”Universitas Teknologi Yogyakarta”. Dengan tema“Membangun Jiwa Militian Dengan Loyalitas Dan Dedikasi Tinggi”

Kegiatan ini diikuti oleh calon resimen mahasiswa yang berjumlah 12 orang (6 putra dan 6 putri). Peserta yang megikuti kegiatan ini adalah calon anggota Yudha XLII yang telah melewati jenjang Pra Pendidikan Dasar dan Pendidikan Dasar Resimen Mahasiswa Mahakarta yang diselenggarakan di Secaba Magelang. Kegiatan Pemantapan dan Pembaretan pada tanggal 27-28 April yang mengambil tempat diKampus 1 UTY Jombor, Lapangan Sumber Agung dan Pantai Pelangi tersebut dilaksanakan oleh Staf Komando Latihan (Skolat) Resimen Mahasiswa “Agni Yudha” UTY.

Uapcara pembukaan diselenggarakan di Kampus 1 UTY, dengan inspektur upacara Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Komunikasi, Drs. Rokhmat, MM., CA., Ak. Setelah melaksanakan upacara pembukaan, seluruh siswa dan skolat pembaretan melaksanakan perpindahan medan dari kampus 1 UTY menuju Lapangan Sumber Agung.Banyak kegiatan yang dilakukan oleh calon anggota resimen mahasiswa “Agni Yudha” diantaranya ada kegiatan HTF, longmarch, caraka malam, binjas dan tradisi pengambilan baret. Kegiatan ini bertujuan agar siswa memiliki mental yang kuat dalam menghadapi rintangan dalam keadaan apapun. Pada kegiatan pemantapan dan pembaretan ini calon anggota resimen mahasiswa “Agni Yudha” akan mengambil baret sebagai tanda keanggotaan dan identitas sebagai menwa. Untuk mendapatkannya bukanlah sesuatu hal yang mudah, para siswa harus dapat menyelesaikan tradisi yang diberikan oleh skolat untuk bisa mendapatkan baret. Hal ini bertujuan, untuk mengajarkan bahwa perlu adanya perjuangan yang besar dan gigih untuk mendapatkan sesuatu dan diharapkan para siswa dapat menghargai sesuatu yang telah mereka peroleh. Setelah para siswa telah melewati semua kegiatan pemantapan dan pembaretan para siswa melaksanakan upacara penutupan di Pantai Pelangi.

menu
menu