Pengajian Menjelang Ramadhan: Meningkatkan Nilai Persaudaraan

Pengajian Menjelang Ramadhan: Meningkatkan Nilai Persaudaraan

Pengajian Menjelang Ramadhan:

Meningkatkan Nilai Persaudaraan

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, jelang bulan suci Ramadhan 1440 H, Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) menyelenggarakan pengajian Menjelang Ramadhan yang diikuti oleh sekitar 300 orang dosen dan karyawan di lingkungan UTY. Pengajian yang diselenggarakan di Masjid Kampus 1UTY padahari Sabtu 4 Mei 2019 tersebut, menghadirkan penceramah Drs. KH Henri Sutopo dari Pondok Krapyak Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Drs. Iskandar Abdurrahman selaku Ketua Dewan Pembina Yayasan Dharma Bhakti IPTEK mengatakan bahwa datangnya bulan Ramdahan menjadi sebuah keberkahan, dan magfiroh kepada umat islam, termasuk keluarga besar UTY. Disampaikan pula bahwa bulan Ramadhan menjadi bulan yang penuh dengan obral pahala. Ia juga menyampaikan selamat menjalankan ibadah puasa kepada keluarga besar UTY.

Mengawali tausiahnya, Bapak Kyai Henri Sutopo menyampaikan bahwa pembahasan Hadits Rasulullah SAW yang mengatakan“Man shoma romadhona imanan wahtisaban ghufiro lahu maa taqoddama min dzanbih”,sudah sangat sering dibahas. Sehingga pada kesempatan itu ia membahas sisi lain yang menurutnya lebih up to date. Lebih lanjut ia menyampaikan keprihatinannya bahwa persaudaraan antar sesama elemen bangsa, bahkan agama, saat ini terasa mudah terpecah. Padahal, konsep atau gagasan yang terdapat dalam sebuah agama, sudah seharusnya dapat memecahkan segenap persoalan yang ada, dengan memupuk persatuan dan persaudaraan. Bapak Kyai Henri memberikan analogi tentang pentingnya kebersamaan sebagai wujud dari nilai-nilai persaudaraan dengan praktik sholat berjamaah.

Menurutnya, kehadiran untuk sholat berjamaah tidak lepas dari memfungsikan peran masjid, yang tidak pernah melihat adanya perbedaan dalam berjamaah. Yakni tidak memandang ras, status dan jabatan. Mereka yang masuk masjid untuk melaksanakan sholat berjamaah, juga tidak pernah memandang jamaah lainnya dari sisi identitas yang selama ini kerap memecah belah persaudaraan.

Lebih dari itu, disampaikan pula bahwa sesungguhnya, rukum Islam yang meliputi syahadat, sholat, puasa, zakat, dan haji, merupakan manifestasi nilai-nilai ukhuwah atau persaudaraan.

Usai acara pengajian, UTY memberikan bingkisan sembako kepada Dosen dan Karyawan UTY. Pemberian bingkisan secara simbolik diberikan kepada Dini Yudiani, Sekertaris Fakultas Bisnis, Psikologi dan Komunikasi, dan Nora Ichwan Susanto staff penendalian internal. Adapun Penyerahan bingkisan oleh Ketua Dewan Pembina Yayasan, dan Ketua Yayasan Dharma Bhakti IPTEK, Prof Dr. Hj. Zulhawati, MM.

menu
menu