Pradik Camen Meneguhkan 4 Pilar Menwa

Pradik Camen Meneguhkan 4 Pilar Menwa

UKM Bela Negara Resimen Mahacamen “Agni Yudha” Universitas TeknologiYogyakarta kembali mengadakan Prapendidikan Dasar(Pradik) selama lima hari yang dimulai daritanggal19 Januarihingga23 Januari 2019. Pradik ini dilakukan guna mempersiapkan anggota baru untuk melatih kesiapan dan kesigapan sebelum menempuh pendidikan selanjutnya.

Calon resimen mahasiwa (Camen) yang mengikutikegiatan ini berjumlah 15 orang, yakni 9 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari di kampus UTYdan 2 hari di Seyegan Sleman.

Foto bersama alumni komandan menwa, Dr. Junaidi, M.Si, Akt, CA.,

Upacara pembukaan Pradik di Kampus 1, dihadiri oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni UTY,Drs. Rokhmat, MM., CA., Ak.Dalam sambutan pembukaannya, Wakil Rektor III, selaku inspektur upacara, menyampaikan ucapan selamat bergabung dengan Menwa UTY dan berpesan kepada peserta pradik agar mengikutipelatihan dengan penuh semangat, disiplin, ikhlas dan bertanggungjawab. “Selalu wakil rektor III, saya menyampaikan agar peserta pelatihan dapat mengambilhikmah positif, disiplin, tanguh, berdedikasi dan beretika sekaligus jangan sampai prestasi akademik tidak optimal,” tutur dosen yang telah mengabdi 30 tahun di dunia pendidikan ini. Ditambahkan pula bahwa setiap kegiatan harus mengutamakan keselamatan. “Bagaimana pun juga safety first selalu diingat dalam setiap kegiatan.” Upacara pembukaan ditandai dengan penyematantanda danton dan camen.

Pradik yang dilakukan selama lima hari diisi dengan berbagai macam materi. Pada hari kedua, materi disampaikan oleh Polres mengenai Lalu lintas di jalan raya. Berbagai pengetahuan mengenai etika di jalan raya menjadi topik bahasan di hari kedua. Selain materi dari Polres, juga terdapat materi dari Koramil mengenai PBB dan PPM. Ditambah pula terdapat materi dari alumni untuk memotivasi semangat camen.

Hari ketiga dilaksanakan kegiatan HTF dan survivalpara camen dibawa ke hutan untuk melaksanakan pelatihan tempur. Hari keempat mereka diajarkan Caraka Malam untuk melatih keberanian dengan berjalan dihutan sendirian dan dengan membawa amanah yang sama untuk Komandan. Agenda ini bertujuan agar camen memiliki mental yang kuat dalam menghadapi rintangan seperti apapun dan bagaimana pun keadaannya.

Foto pengarahan dari Daranmil-12 Mlati, Mayor Infantri Sukamto

Hari kelima camen melaksnakan long march sampai ke Koramil-12 Model Mlati. Daranmil-12 Mlati, Mayor Infantri Sukamto, memberikan pemaparan tentang kewajiban warga negara untuk membela NKRI ketika mendpaat ancaman dari berbagai pihak. Setelah mendapat arahan dan amanah dari Danramil camen melanjutkan perjalanan ke kampus untuk melaksanakan Upacara Penutupan Pra Pendidikan Dasar.

Upacara penutupan pradik dilaksanakan di kampus 1 UTY. Hadir sebagai inspektur upacara, Dr. Junaidi, M.Si, Akt, CA., selaku alumni/komandan pertama menwa Agni Yudha UTY. Dalam sambutannya, inspektur menyampaikan tentang semangat dan selalu menanamkan 4 pilar menwa, yakni disiplin, loyalitas, korsa, dan inteljensi.
menu
menu